WORKSHOP MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Untuk meningkatkan kompetensi guru diera ekonomi terintegrasi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) , Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP Kabupaten Magelang bekerjsama dengan Program Studi Teknik Informatika UM Magelang mengadakan Workshop Media Pembelajaran IPS berbasis Teknologi Informasi.

Workshop yang diadakan selama dua hari mulai Kamis-Jumat (4-5/11) tersebut dibuka Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga kabupaten Magelang Drs Eko Triyono. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa workshop harus mampu meningkatkan kompetensi guru sehingga dapat menghasilkan lulusan siswa terbaik. “Guru hendaknya dapat membuat aplikasi yang inovatif dan menarik untuk mensitimulus minat sisiwa belajar IPS,” ungkapnya. Ia juga menyampaikan bahwa hasil UN SMP Kabupaten Magelang Juara 5 di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Dekan FT UM Magelang Yun Arifatul Fatimah,MT, P.hD. mengharapkan agar acara tersebut dapat dijadikan kerjasama berkelanjutan antara Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Magelang dengan FT UM Magelang. “Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang Pengabdian Masyarakat yang dapat dijadikan rutinitas dalam menjalin kerjasama Perguruan Tinggi dan lingkungannya, “ imbuh Yun .

Purwono Hendradi M.Kom, Ketua Program Studi S1 Teknik Informatika mengatakan, peserta workshop adalah guru-guru mata pelajaran IPS SMP di kabupaten Magelang berjumlah 170 Peserta. Peserta dikelompokkan dalam tingkatan kompetensi untuk mendapat kelas pelatihan yang sesuai. “Hal ini berdasarkan laporan dari Ketua MGMP IPS Sodik Mujazin, S.Pd,” ujar Hendra .

Pelaksanaan diadakan di Laboratorium Teknik Informatika Fakultas Teknik dengan instruktur dosen-dosen Teknik Informatika yang dikoordinir Kepala Laboratorium Komputer R.Arri Windiyanto, S.Kom, M.T. Hendra mennambahkan , sebagai tindak lanjut kerjasama ini, segera diadakan kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran yang dapat diakses melalui media sosial.(YUDIA-HUMAS)

Leave us a Comment