Pasca pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) beberapa waktu lalu, UM Magelang diserbu pendaftar. Tahun akademik 2015 – 2016, UM Magelang akan menerima 1.250 mahasiswa  baru. “Setelah pengumuman SBMPTN, pengaruh terhadap jumlah pendaftar ke UM Magelang sangat signifikan,” kata  Eko Muh Widodo, Rektor UM Magelang kepada wartawan di Magelang, Sabtu (11/7) sore di sela acara buka bersama media.

Disadari Eko Widodo, UM Magelang belum menjadi pilihan utama calon mahasiswa. Karena itu, UM Magelang mengharapkan limpahan calon mahasiswa yang tidak diterima di perguruan tinggi negeri (PTN). Hingga Sabtu (11/7), kata Eko, sudah ada pendaftar sebanyak 700 calon mahasiswa. Jumlah ini akan terus meningkat karena pendaftaran akan ditutup hingga 19 September mendatang.

Saat ini UM Magelang  memiliki enam fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.Berdasarkan pendaftar, fakultas yang menjadi favorit adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Studi Teknologi Informasi di Fakultas Teknik serta Fakulast Hukum.

Untuk seleksi mahasiswa baru, UM Magelang menggunakan sistem one day service melalui Computer Base Test (CBT). “Jika lolos seleksi calon mahasiswa bisa langsung mendaftar ulang dan diberi tenggang waktu dua pekan bagi yang tidak langsung mendaftar ulang,” kata Eko.

Namun untuk Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tidak hanya CBT, tetapi masih harus mengikuti tes wawancara. “Tes wawancara dimaksudkan untuk mengetahui kesehatan fisik calon mahasiswa. Sedang bagi Fakultas Keguruan untuk mengetahui performa calon mahasiswa,” tandas Eko.

Tentang kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka menyambut milad ke-51, UM Magelang yang sudah memasuki usia ke 51 tahun ini akan menggelar empat agenda utama yakni seminar nasional, tabligh akbar, berbagai lomba olahraga, serta orasi ilmiah.

Dalam kesempatan itu Rektor juga mengucapkan terima kasih atas dukungan media dalam hal publikasi berita kegiatan UM Magelang dan berhasil meraih akreditasi B beberapa waktu lalu.(YUDIA-HUMAS)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!