UM MAGELANG TUAN RUMAH FLIPMAS DIANMAS

Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Nasional dengan tegas menyatakan bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Agar dapat menyelenggarakan kewajiban penelitian tersebut perguruan tinggi dituntut memiliki dosen yang kompeten serta mampu menyusun proposal penelitian, melaksanakan penelitian dan mendesiminasikan hasil penelitian.

           Untuk mencapai tujuan tersebut tugas dosen tidak hanya melakukan tugas pendidikan semata, namun juga melakukan penelitian yang dilakukan secara profesional ; mengacu kepada sistem penjaminan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu dosen juga dituntut melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan para dosen untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan secara kompetitif untuk menghasilkan proposal penelitian dan atau pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi publikasi internasional.

Untuk itu, Forum Layanan Ipteks bagi Masyarakat (FLIpMAS dianMas) Jawa Tengah bekerjasama dengan Kopertis VI Jawa Tengah dan UM Magelang mengadakan Workshop dan Klinik Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Berorientasi Publikasi Internasional. Acara tersebut diadakan dua hari mulai Selasa-Rabu (15-6/3) di Kampus 2 UM Magelang dan Desa Wanurejo Borobudur, Magelang.

Acara yang dibuka oleh Koordinator Kopertis VI Jawa Tengah Prof. Dr. DYP Sugiharto M.Pd Kons itu diikuti oleh 100 dosen. Mereka berasal dari 38 perguruan tinggi se-Jawa Tengah yang terdiri dari 32 PTS dan 6 PTN. Dalam kesempatan itu Prof. Dr. Ocky Radjasa M.Sc Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat (DRPM) Kemenristek Dikti hadir menjadi keynote speaker.

Selanjutnya peserta mendapatkan materi dari nara sumber yang berkompeten di bidangnya, antara lain Ir. Gator Murdjito MS (wakil ketua FlipMAS Indonesia), Prof. Dr. Totok Sumaryanto M.Pd (reviewer penelitian DRPM) dan Prof. Ir. Totok Agung Tri Haryanto MP,Ph.D.

Ketua FlipMAS dianMas Jawa Tengah Suparni Setyowati Rahayu berharap agar workshop dan klinik penelitian tersebut dapat meningkatkan usulan penelitian dan atau pengabdian masyarakat yang didanai DPRM Ristekdikti yang berorientasi publikasi internasional. Disamping itu juga terbentuknya wadah forum komunikasi antar perguruan tinggi bagi para dosen dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakat.(YUDIA-HUMAS)

Leave us a Comment