Dalam rangka merayakan hari Idul Adha 1438 Hijriah, UM Magelang mengadakan serangkaian acara Idul Adha pada hari Jumat dan Sabtu (1-2/9) di tiga lokasi yang berbeda. Kegiatan yang pertama yaitu sholat Idul Adha untuk seluruh civitas akademika dan warga sekitar kampus UM Magelang. Kegiatan berlangsung di halaman Gedung Rektorat Kampus 2 UM Magelang dengan imam dan khotib Aziz muslim, M.Pd. Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi. “Dua ekor dipotong di Kampus 2 UM Magelang dan satu ekor sapi di Dusun Kewiran, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis,” ujar Tohirin M.Ag, ketua Pusat Pembinaan dan Pengembangna Studi Islam (P2SI) UM Magelang. Tidak hanya melakukan pemotongan hewan kurban, berbagai kegiatan lain juga diadakan di Dusun Kewiran untuk memeriahkan kegiatan tersebut. Diantaranya lomba anak-anak, pengobatan gratis dan pembagian sembako untuk warga Dusun Kewiran.

UM Megelang juga mengadakan kegiatan serupa pada hari Sabtu (2/9) di Dusun Salakan, Desa Wonogiri, Kecamatan Kajoran, Magelang. Selain lomba anak-anak, pengobatan gratis dan pembagian sembako, ada juga kegiatan lainnya yaitu pengajian dan silaturahmi, sunatan masal dan pemotongan satu ekor sapi untuk kurban. Rektor UM Magelang, Eko Muh Widodo beserta jajaran pimpinan universitas dan fakultas hadir dalam acara tersebut. Eko juga menyerahkan hewan qurban kepada panitia penyembelihan hewan qurban dan bantuan sembako secara simbolis kepada salah satu warga di Dusun Salakan. Jumlah paket sembako yang di bagikan berjumlah 53 bungkus. Selain itu, sunatan massal diikuti tujuh anak dari Dusun Kaloran. Drs. H. Jam’an Muhyidin, pada saat mengisi pengajian di Kajoran, menyampaikan tausyiah tentang makna dari menyembelih hewan kurban. Menurutnya makna berkurban bukan dilihat dari hewan yang dikurbankan, tapi dilihat dari kerelaan dan keridhoannya dalam berkurban. “Nabi Ibrahim diminta untuk menyembelih Ismail, putra yang sangat dicintainya. Namun, karena cintanya kepada Allah, jadi dia ikhlas ketika Allah perintahkan menyembelih Ismail,” jelas Jam’an kepada para jamaah pengajian. “Disinilah yang harus kita pelajari dari berkurban, tentang keihlasan kita untuk melepaskan apa yang kita cintai untuk perintah Allah,”tambahnya.

Dalam Idul Adha tahun 1438 Hijriah kali ini, selain empat ekor sapi, UM Magelang juga menyumbangkan 49 ekor kambing yang didistribusikan untuk amal usaha Muhammadiyah di berbagai wilayah, yakni Kota dan Kabupaten Magelang, Temanggung, Sleman Yogyakarta, Purworejo, dan Kopeng. (Humas)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!