UM MAGELANG PAYUNGI TOGA TOMAS

Sebagai perguruan tinggi yang tumbuh di tengah masyarakat yang heterogen, UM Magelang yang merupakan PT berbasis religi selalu berupaya untuk menjaga kerukunan dan ketertiban di lingkungan sekitar kampus, khususnya di Wilayah Mertoyudan dimana Kampus 2 berada. Selain terdapat pusat pendidikan (kampus), di wilayah Mertoyudan juga menjadi wilayah tempat tinggal sementara (kost) bagi para mahasiswa perantauan.
Upaya untuk menjaga kerukunan baik kerukunan beragama maupun kerukunan warga dilakukan  UM Magelang  dengan menginsisasi kegiatan Pertemuan/Forum Antar Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat (Toga Tomas) yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kecamatan Mertoyudan. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Sidang Gedung Rektorat Kampus 2 UM Magelang beberapa waktu lalu.
Dipimpin oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Drs. Mujahiddun, M.Pd, Forum Toga Tomas diikuti oleh 20an peserta yang terdiri dari unsur keamanan  (Koramil dan Kapolsek),  tokoh agama (ulama dan pendeta), unsur pemerintahan (Camat, Lurah, dan Ketua RW) di lingkungan Mertoyudan.
Selama tiga jam, para peserta forum membahas tentang beberapa hal menyangkut  upaya untuk menciptakan lingkungan (kost)  yang kondusif, antara lain tentang aturan dan tata terbib kost serta  pengawasan bersama. “Dalam aturan kost dibahas tentang data pemilik dan penghuni oleh RT dan RW setempat,  aturan etika bertamu yang disusun oleh tokoh agama, serta aturan ketertiban dan keamanan lingkungan yang dibahas oleh  Polsek dan Koramil setempat,” ungkap Mujahiddun.
Dalam pertemuan  juga ditentukan Tim Perumus serta referensi untuk membuat aturan tersebut. Selanjutnya akan dibuatkan edaran yang diterbitkan oleh Kecamatan berupa tata tertib yang telah disepakati.  Dengan adanya ketentuan tersebut diharapkan dapat terwujudnya ketentraman dan ketertiban warga termasuk penghuni kost sehingga lebih kondusif.
Mujahiddun juga menyatakan bahwa UM Magelang akan melakukan pendataan mahasiswa yang kost di lingkungan Kecamatan Mertoyudan agar dapat lebih mudah memantau kondisi mereka. Selain itu juga memberikan pembinaan akhlak yang lebih intens agar para mahasiswa dapat menjadi tauladan di lingkungannya.
toga tomas
humas
 

HUMAS

Leave us a Comment