UM Magelang kembali menambah program studi baru. Setelah sebelumnya membuka S1 Prodi Farmasi dibawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes), kali ini UM Magelang membuka Program Magister (S2) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dibawah naungan Fakultas Agama Islam (FAI).

Wakil Rektor 1 Bidang Klademik UM Magelang Dr. Purwati MS mengatakan, Program Magister mulai dibuka pada Tahun Akademik 2016-2017 ini setelah mendapatkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam No 1417 Tahun 2016. Ia mengatakan bahwa Magister MPI didirikan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan lembaga pendidikan yang mampu merespon perkembangan iptek serta tuntutan kebutuhan masyarakat global.

“Kehadiran Prodi Magister MPI UM Magelang diharapkan dapat mengatasi masalah mendasar berkenaan dengan kurang optimalnya sistem Manajemen Pendidikan Islam di Indonesia yang antara lain disebabkan karena masih kurangnya SDM yang profesional untuk menangani permasalahan MPI,” jelas Purwati. Lebih lanjut ia mengulas bahwa Prodi Magister MPI UM Magelang sangat strategis dan dibutuhkan untuk meningkatkan mutu SDM dan pengembangan kelembagaan pendidikan Islam.

Dekan FAI Dr. Nuroddin Usman Lc, mengatakan, kurikulum yang diberlakukan merupakan perpaduan antara kurikulum pendidikan Islam dan manajemen pendidikan modern yang mengantarkan mahasiswa mencapai kompetensi yang diharapkan. “Dengan mengikuti Program Magister MPI, para mahasiswa akan menjadi guru yang handal serta menjadi supervisor yang akomodatif terhadap perkembangan madrasah dan sekolah. Selain itu juga dapat menghasilkan karya ilmiah yang inovatif serta mampu menghasilkan rekayasa terapan yang tepat guna di bidang MPI baik secara fungsional maupun substansial,” tegasnya.

Dengan dilengkapi fasilitas yang memadai seperti laboratorium studi Islam, perpustakaan dengan koleksi lengkap, tenaga dosen yang memadai serta fasilitas pendukung lainnya diharapkan para mahaiswa dapat maksimal mengikuti KBM dan kompetitif.(YUDIA-HUMAS)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!