UM MAGELANG MILIKI APOTEK UNIMMA MEDIKA

Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya arti kesehatan serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang pelayanan kesehatan, UM Magelang melalui Prodi Farmasi Fikes membuka Apotek Unimma Medika  yang terletak di Jalan Raya Magelang Kopeng Desa Tegalrejo.  Peresmian apotek Unimma Medika dilakukan oleh Rektor UM MAgelang Ir. Eko Muh Widodo MT hari Sabtu 13/6 berupa pelepasan balon disaksikan tamu undangan.

            Elmiawati Latifah, M. Sc, Apt,  selaku Kaprodi Farmasi menjelaskan, selain dimeriahkan dengan hiburan berupa tarian dan hadroh untuk masyarakat sekitar, pada acara launching tersebut  juga diadakan pengobatan gratis yang diberikan bagi 75 orang warga masyarakat setempat.

            Akhlis Rifai, S.Farm, Apt selaku Apoteker Pengelola Apotek (APA) mengatakan, apotek setiap hari buka mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam itu menyediakan 150 item obat yang terdiri dari obat bebas, obat bebas terbatas, dan obat keras atau obat dengan resep dokter. “Apotek ini dijaga oleh seorang apoteker dan dua Tenaga Teknik Kefarmasian (TTK) yang stand by selama jam buka apotek,” jelas Akhlis Rifai.

            Dekan Fikes UM Magelang Puguh Widiyanto, S.Kp., M.kep dalam sambutannya mengatakan bahwa  gagasan untuk membuka apotek di Tegalrejo adalah untuk memudahkan warga masyarakat di sekitar Tegalrejo untuk memenuhi kebutuhan  kesehatan karena di sekitar daerah tersebut belum terdapat apotek. Selain itu juga untuk meningkatkan swamedikasi yang rasional di masyarakat. Dari sisi akademis, diharapkan apotek Unimma Medika bisa menjadi apotek pendidikan diantaranya sebagai lahan praktek calon Tenaga Teknis Kefarmasian.

            Selain melayani pembelian dan konsultasi obat, di apotek tersebut juga menyediakan pelayanan pengecekan gula darah, kolesterol, asam urat dan tensi. Resep dokter pun dilayani oleh apoteker di apotek  tersebut.(YUDIA-HUMAS)

Leave us a Comment