UM MAGELANG LULUSKAN 599 WISUDAWAN

IMG_7942

Sebanyak  599 mahasiswa UM Magelang  mengikuti Wisuda Magister, Sarjana dan Ahli Madya ke-69 Periode 1 Tahun Akademik 2018 – 2019  hari Sabtu,  20/10  di Gedung AH Nasution Magelang. Dr. Dyah Adriantini Sintha Dewi, SH., M.Hum Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UM Magelang yang menjadi ketua panitia wisuda menyampaikan, 599 wisudawan tersebut terdiri dari 4 wisudawan S2 yang berasal dari Program Manajemen Pendidikan Islam (MPI),  400 wisudawan S1 dan   195 wisudawan D3. Dari  599 wisudawan,  176  atau  hampir 30% diantaranya diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude.  Selain itu, terdapat juga 14 wisudawan yang berasal dari Program Bidik Misi Tahun 2014  yang berhasil menyelesaikan studi dengan tepat waktu yakni 4 tahun atau 8 semester.

Dyah menambahkan, lulusan terbaik  dicapai oleh Lina Safitri (Prodi D3 Farmasi)  dengan IPK 3,99. Adapun skripsinya   berjudul  “Gambaran Kesesuaian Peresepan Obat pasien BPJS Rawat Jalan dengan Formularium Nasional di Poliklinik Ayodya RSJ Prof.dr. Soerojo Magelang”. Didampingi kedua orangtuanya,    ia menerima penghargaan dari Universitas yang diserahkan langsung oleh Rektor UM Magelang. Selain itu terdapat  16 orang yang merupakan wisudawan terbaik program studi.

Ir. Eko Muh Widodo, MT, Rektor UM Magelang  dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan, khususnya kjepada 14 wisudawan dari Program Bidik Misi yang berhasil lulus tepat waktu  walaupun di tengah keterbatasan biaya. Rektor berpesan, memasuki lingkungan global yang kompetitif, para wisudawan dituntut untuk dapat berkompetisi termasuk memasuki era globalisasi dunia usaha. Rektor juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para orangtua wisudawan yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk menuntut ilmu di UM Magelang. Juga ucapan terima kasih kepada Kepala  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VI Jawa Tengah yang berkenan hadir.

Selain dihadiri oleh Kepala LL Dikti Wilayah VI Jawa Tengah, acara tersebut juga dihadiri oleh yang juga dihadiri oleh  Majelis Dikti PP Muhamamdiyah Prof. Dr. Drg. Sudibyo, SU, Sp. Pero, yang antara lain berharap agar UM MAgelang sebagai perguruan tinggi yang unggul tidak hanya di tinbgkal lokal tapi bisa ddi tingkat nasional bahkan internasional, serta dapat terus meningkatkan akreditasinya.

Adapun Kepala LL Dikti Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd.,Kons dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada UM Magelang sebagai PTS yang taat azas dan aturan dalam melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu kepada para wisudwan DYP berpesan agar jangan  merasa rendah diri karena berasal dari PTS. “Saat ini tidak ada dikotomi lulusan  PTN atau PTS, tetapi yang menjadi indikator utama yakni akreditasi baik institusi maupun prodi. UM Magelang merupakan PTS yang berakreditasi baik,” ungkap DYP.

Selain itu bagi para alumni yang baru diwisuda DYP  menyampaikan agar patut berbangga karena ijazahnya sudah memiliki Penomoran Ijazah Nasional (PIN). Walaupun  baru akan diterapkan mulai tahun 2019 namun UM Magelang sudah mengaplikasikan PIN kepada lulusannya, dan ini baru dilakukan oleh beberapa PTS di Jawa Tengah dari 257 PTS yang ada di bawah naungan LL Dikti Wilayah VI. Selain  dilengkapi dengan PIN, ijazah lulusan UM Magelang juga telah dilengkapi dengan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL) yakni  penomoran verifikasi ijazah secara elektronik sehingga akan terhindar dari ijazah palsu atau abal-abal.

 

HUMAS

Leave us a Comment