UM MAGELANG LEPAS 640 MAHASISWA KKN

IMG_6014

Rektor UM Magelang, Ir. Eko Muh. Widodo, MT. melepas 640 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Angkatan ke-46 pada Rabu 15/8. Secara simbolik, Rektor menyematkan jaket KKN kepada perwakilan mahasiswa. Selain Rektor, acara ini juga dihadiri oleh 25 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan membimbing mahasiswa selama kegiatan KKN. Setelah upacara pelepasan di Lapangan Basket kampus 2 UM Magelang, mahasiswa yang berasal dari 17 program studi jenjang S1 akan diterjunkan pada tujuh kecamatan di Kota dan Kabupaten Magelang.

Di wilayah Kota Magelang sebanyak tiga kecamatan yaitu Magelang Tengah, Utara, dan Selatan. Adapun di Kabupaten Magelang pada empat kecamatan yaitu Mertoyudan, Kaliangrik, Srumbung, dan Windusari. Total sebanyak 35 desa atau kelurahan akan menjadi lokasi pengabdian mahasiswa selama satu bulan ke depan hingga 15 September mendatang.

Retno Rudjijati selaku Ketua Pantia KKN dan Ketua Divisi Pengabdian Masyarakat menjelaskan, “Pemilihan lokasi sesuai dengan tema yang diusung yaitu Optimalisasi Pariwisata di Wilayah Magelang sebagai Pendukung KSPN Borobudur. Selama KKN berlangsung, mahasiswa akan melaksanakan program kerja sesuai dengan tema guna mendukung pariwisata di Kota maupun Kabupaten Magelang.”

Retno menambahkan, “Dari 640 mahasiswa tersebut, 182 mahasiswa pararel akan ditempatkan di wilayah Kota dan 458 mahasiswa reguler di Kabupaten.” Syarat untuk dapat mengikuti KKN, ujar Retno, yaitu mahasiswa telah menempuh 120 SKS dan IPK minimal 2,25. Sebelum diterjunkan ke lokasi, mahasiswa telah melalui proses pembekalan di UM Magelang maupun kecamatan terkait, observasi, penyusunan  serta presentasi program kerja, dan pengujian. Semua persiapan itu sudah dilaksanakan sejak 24 Juli lalu.

“Mahasiswa telah dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 9-10 orang. Tiap kelompok minimal terdiri dari tiga prodi yang berbeda. Masing-masing mahasiswa harus melaksanakan program kerja secara individu maupun berkelompok dengan syarat kelulusan 228 total jam kerja selama satu bulan,” pungkas Retno.

 

HUMAS

 

 

Leave us a Comment