UM MAGELANG GELAR I’TIKAF DI KAMPUS

14

Memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadhan 1439 H, UM Magelang melalui Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Studi Islam (LP2SI) mengadakan I’tikaf  Ramadhan di Kampus. Kegiatan tersebut dilakaukan selama dua hari yakni tanggal 6 dan 7 Juni  di Masjid Kampus 1 UMMMagelang.

Zuhron Arofi, penanggungjawab kegiatan menyampaikan, sebanyak  50 jamaah mengikuti kegiatan yang diadakan mulai sore hari tersebut. Mereka, kata Zuhron, merupakan mahasiswa  dan pegawai UM Magelang. Selain itu dalam i’tikaf kali ini juga terdapat peserta dari Amerika yakni Syeikh Zidan  yang menyempatkan diri mengikuti  i’tikaf  di kampus UMMagelang.   “Kegiatan i’tikaf di kampus kali ini  merupakan tahun  pertama yang diadakan LP2SI sebagai rangkaian kegiatan Ramadhan di Kampus,” ujar Zuhron.

Saat mengikuti i’tikaf,  beberapa peserta ada yang  mendirikan tenda di  dalam maupun seputar masjid kampus. Jamaah i’tikaf mulai mendatangi lokasi i’tikaf pada sore hari untuk mengikuti pengajian menjelang waktu berbuka puasa. Setelah selesai berbuka dan sholat Maghrib berjamaah, mereka melakukan tadarus Al Quran hingga waktu sholat Isya.

Usai sholat Isya berjamaah, mereka mengikuti kajian materi tentang Menghafal Al Qur’an Semudah Tersenyum yang disampaikan oleh Ustad Burhan serta materi tentang Keutamaan I’tikaf oleh Ustaz Andi Triyanto. Selain itu para jamaah juga mendengarkan penuturan dari Syekh Zidan tentang perkembangan Islam di Amerika. Ia bertutur bahwa saat ini Islam di Amerika berkembang pesat yang dibuktikan dengan populasi Muslim dan jumlah masjid yang terus bertambah. Hal tersebut terjadi di hampir seluruh wilayah di Amerika.

Setelah beristirahat sejenak, para jamaah melakukan qiyamul lail, witir, tadarus,  dan amalah sunah lainnya  hingga waktu sahur. Usai sholat Subuh dan mengikuti kajian serta senam bersama, para peserta kembali ke aktivitas masing-masing untuk selanjutnya kembali lagi pada sore harinya.

Zuhron berharap,  melalui kegiatan i’tikaf  untuk memakmurkan masjid, kampus UMMagelang akan lebih mendapatkan keberkahan. Selain itu kegiatan i’tikaf di kampus juga untuk lebih mensyiarkan dan mempopulerkan kegiatan i’tikaf dalam kehidupan kampus.

 

HUMAS

 

Leave us a Comment