UM MAGELANG GELAR ILC

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMJ PGSD) FKIP UM Magelang mengadakan Inspiring Leadership Class (ILC). Kegiatan tersebut diadakan di Taman Badaan Jl Ahmad Yani, pada Jum’at 9/12.

          ILC merupakan program kerja tahunan dari HMJ PGSD FKIP UM Magelang yang akhirnya membentuk sebuah komunitas. ILC tak hanya dari mahasiswa UM Magelang saja tapi juga untuk umum, bahkan pelajar SMA juga ada yang begabung dengan komunitas tersebut.

          “Kegiatan ILC ini sudah ada dari tahun kemarin dan ini juga bagian dari proker HMJ itu sendiri. Kami hanya meneruskan program kerja yang sudah berjalan saja,” ujar Muhammad Agus Santoso selaku Kabid Kelembagaan HMJ PGSD FKIP UM Magelang.

          Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk melatih “public speaking” dan menyiapkan kader pemimpin. Komunitas itu sering mengadakan acara pada hari Jumat pagi, dari pukul 09:00 sampai 11:00 WIB. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah memecahkan masalah sosial di masyarakat.

          “Harapannya agar kegiatan tersebut bisa mencetak kader pemimpin dan untuk melatih mental mereka untuk mampu berbicara di depan umum,” kata Rasidi, M.Pd. selaku pembmbing komunitas ILC. “Selain itu kami juga mengadakan bakti sosial dan penggalangan dana bagi korban bencana dan rencananya kami besok akan menggalang dana untuk korban gempa bumi di Aceh,” tambahnya.

            Adanya komunitas tersebut sangat bermanfaat bagi anggotanya sendiri dan tentunya bagi masyarakat yang terbantu karena aksi sosialnya. Meski belum lama berdiri namun respon masyarakat sangat bagus dan itu dilihat dari anggotanya yang sudah seratus orang lebih dan berasal dari berbagai kalangan.

Lebih lanjut Rasidi mengungkapkan bahwa apa yang dilakukannya terhadap komunitas ILC adalah ibarat menata bata untuk membangun istana. Itu berarti ia berharap agar kelak alumni ILC dapat menjadi pemimpin, dimulai dari sekarang dengan menata pondasi yang kuat.(YUDIA-HUMAS)

Leave us a Comment