UM MAGELANG BUKA PRODI FARMASI S1

Sebagai bentuk pengembangan dari Program Studi Farmasi D3 yang sebelumnya berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes), UM Magelang berupaya untuk meningkatkan jenjang keilmuan Farmasi dari Ahli Madya (D3) menjadi Sarjana (S1).   Upaya tersebut membuahkan hasil dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 140/PKT/I/2015 tentang Pembukaan Program Studi Farmasi Program Sarjana pada Universitas Muhammadiyah Magelang.

Salinan Keputusan Menristek Dikti tersebut diterima oleh Rektor UM Magelang Ir. Eko Muh Widodo MT yang disampaikan oleh Direktur Kelembagaan Kemenristek Dikti Dr. Totok Prasetyo B.Eng di Jakarta Rabu 23/3. Dalam SK disebutkan Pembukaan Program Studi Farmasi Program Sarjana pada Universitas Muhammadiyah Magelang di Magelang yang diselenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah di Yogyakarta.

Disebutkan pula bahwa penyelenggaraan Prodi Farmasi Sarjana harus menghasilkan lulusan sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Selain itu UM Magelang wajib mengajukan akreditasi ulang terhadap Prodi Farmasi S1 dan memenuhi standar pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Purwati MS yang mendampingi Rektor saat menerima SK tersebut mengatakan, UM Magelang terus melakukan pengembangan program studi yang dibutuhkan masyarakat sesuai dengan tuntutan perubahan. Purwati yang juga Ketua Panitia Pengembangan Program Studi di UM Magelang mengatakan bahwa di wilayah Kedu khususnya, UM Magelang terus berkompetisi untuk membuka peluang bagi para lulusan SMA atau SMK menempuh jalur pendidikan tinggi sesuai dengan minatnya.

“Saat ini UM Magelang tengah mengajukan Program Studi Ilmu Komunikasi Program Sarjana dan Psikologi yang datanya sudah di-upload ke Dikti. Selain itu juga pengajuan pembukaan Manajemen Informasi Kesehatan Diploma 4,” imbuh Purwati.

Dengan dibukanya Prodi Farmasi S1, UM Magelang kini memiliki 17 program studi serta satu program profesi yakni Profesi Ners. Ke-17 prodi tersebut terdiri dari 13 program Sarjana dan empat program Diploma 3 yang tersebar pada enam fakultas yang ada di UM Magelang.(YUDIA-HUMAS)

1 Comment

  • Vien Atikah
    Reply

    Ada kelas ekstensi nya ndak farmasi s1 nya?

Leave us a Comment