UM MAGELANG BEKALI PESERTA KKN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa program Sarjana (S1) dengan beban 3 SKS. Setiap mahasisiwa yang akan mengikuti KKN harus sudah menempuh minimal 120 SKS dengan IPK minimal 2,25.

Di UM Magelang, Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) merupakan lembaga yang menangani KKN. Kali ini LP3M menyelenggarakan program KKN Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) angkatan ke-40. Sebelum diterjunkan ke lapangan, para peserta KKN diberikan pembekalan selama dua hari, Kamis dan Jumat tanggal 19&20 Maret 2015 di Gedung Auditorium kampus 1 UM Magelang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala LP3M Suliswiyadi yang menyampaikan bahwa kegiatan KKN termasuk dalam kurikulum dan komponen mata kuliah. Para mahasiswa dituntut untuk mengaplikasikan ilmunya dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat melalu program Kuliah Kerja Nyata.

Selama dua hari, para peserta mendapatkan materi pembekalan diantaranya Pemberdayaan Perempuan Melalui Kegiatan Wirausaha, Menurunkan Angka Kesakitan dan Kematian melalui penerapan PHBS, Good Manufacturing Procedur Legalitas, Kemasan dan Pemasaran Produk UMKM, KKN Tematik Posdaya, Program Adiwiyata dalam Dunia Pendidikan, serta Ketahanan Pangan dan Integrated Farming.

Ketua panitia KKN Moehamad Aman dalam laporannya menyampaikan, peserta KKN ke-40 kali ini diikuti 330 peserta yang terdiri dari 232 mahasiswa reguler dan 98 mahasiswa paralel. Para peserta, lanjut Aman, akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan disebar di empat Kecamatan se-Kabupaten Magelang diantaranya Kecamatan Windusari, Kecamatan Sawangan, Kecamatan Bandongan dan Kecamatan Dukun. (RIFA’I-HUMAS)

Leave us a Comment