Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Tidar Diwangkara dan Sekar Surya Universitas Muhammadiyah Magelang menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Pramuka Strategis dalam Sosialisasi Pemasyarakatan Pancasila dan NKRI” pada Jumat 13/3 2015.

            Kegiatan berlangsung di Auditorium kampus I UM Magelang ini diikuti kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari mahasiswa prodi PGSD dan Kepala Sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK se-Kota dan Kabupaten Magelang.

            Acara ini dibuka oleh Rektor UM Magelang yang diwakili oleh Dekan FKIP Dr. M. Japar M. Si, Kons. Japar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada UKM racana selaku panitia penyelenggara kegiatan yang mampu menhadirkan ratusan peserta. Japar berharap, melalui seminar tersebut, para peserta bisa mendapatkan manfaat dan akan semakin cinta dengan kepramukaan.

            Seminar Nasional tesebut menghadirkan pakar kepramukaan Agus Widodo HS sebagai pemateri. Agus dalam materinya menyampaikan tenatang Peran Strategis Gerakan Pramuka dalam Pembinaan Generasi Muda untuk Membangun NKRI dan Pancasila. Agus mengatakan, dalam Sistem Pendidikan Nasional dikenal adanya pendidikan sekolah dan luar sekolah. Pendidikan di lingkungan keluarga dan masyarakat merupakan pendidikan luar sekolah yang tak kalah pentingnya dibanding  pendidikan sekolah. Sebab setiap anak dan remaja pasti melalui kedua jalur  pendidikan tersebut. Gerakan Pramuka merupakan pendidikan di lingkungan masyarakat yang memegang peranan penting dalam pembinaan generasi muda.

“Untuk meningkatkan pengetahuan kepramukaan, para guru bisa mengidentifikasi muatan-muatan pembelajaran kemudian menyerahkan kepada pembina pramuka untuk dapat diaktualisasikan di dalam kegiatan kepramukaan,”pungkasnya. (RIFA’I-HUMAS)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!