UKM “FAJAR” UM MAGELANG SUKSES GELAR PANGGUNG TEATER XII

IMG_8174

Sebanyak 11  SMA/SMK di wilayah Kedu  dan sekitarnya mengiktui kegiatan Gelar Panggung Teater (GPT)  XII yang diadakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teatar Fajar UM Magelang mulai tanggal 7 hingga  10 Februari 2018. Selain berasal dari lingkungan Magelang, peserta GPT XII kali ini juga diikuti oleh perwakilan SMA/SMK dari Temanggung, Purworejo, dan Salatiga.

Mareta Indi Astuti, ketua panitia GPT XII menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai ajang untuk meningkatkan minat pelajar SMA terhadap seni teater selain juga untuk menjalin silaturahim antara pekerja seni di wilayah Kedu. ”Bagi pelajar yang memiliki bakat di bidang seni teater, lomba tersebut juga untuk membangun jiwa kompetensi yang positif serta  sebagai sarana menggali potensi diri,” ujar Mareta.

Ia menjelaskan, dalam lomba yang diadakan di Auditorium Kampus 1 UM Magelang itu masing-masing peserta terdiri dari 15 orang siswa yang mementaskan karya teater berdurasi 1 jam. Tiga orang juri yang expert di bidangnya dihadirkan untuk memberikan penilaian, masing-masing TS ‘Gepeng’ Nugroho dari Magelang, Alfi Yanto dari Kudus, serta Asa Jatmiko dari Semarang dengan bidang penilaian keteateran antara lain akting, ilustrasi musik, setting panggung, serta kesesuaian  make up kostum.

Dalam malam penganugerahan yang diadakan Sabtu malam (10/2), panitia memberikan penghargaan untuk berbagai kategori “terbaik”   yakni untuk kategori aktor, aktris, make up kostum, ilustrasi musik, artistik, sutradara, serta manajemen panggung terbaik. Selain itu tentu saja penentuan juara umum yang diraih oleh SMAN 1 Dukun. Adapun Juara 1, 2, dan 3 masing-masing diraih oleh SMAN 1 Dukun, SMAN 1 Ngluwar, dan SMAN 2 Magelang. SMA Taruna Nusantara Magelang menjadi juara harapan. Para pemenang selain mendapatkan piala dan piagam juga mendapatkan uang pembinaan dari panitia.

Ketua Lembaga Pengembangan  Mahasiswa dan Alumni (LPMA) UM Magelang   Nugroho Agung Prabowo, M.Kom mengatakan, Teater ‘Fajar’ yang berdiri tanggal 31 Agustus 1968 merupakan UKM tertua di UM Magelang. Setelah mengalami masa vakum yang lama, tahun 1995  Teater ‘Fajar’ kembali eksis dan telah mengadakan berbagai event antara lain pentas keliling yang merupakan pentas yang dilakukan dengan cara tour ke beberapa kota secara paralel tanpa pulang ke Magelang sebagai base camp.

Pentas keliling perdana, lanjut Agung, dilakukan mulai tahun 2002. Adapun rute yang ditempuh antara lain Malang – Surabaya – Magelang tahun 2015 serta Tegal – Cirebon – Jakarta tahun 2017.

(HUMAS)

Leave us a Comment