Tim dosen Program Studi PsikologiUniversitas Muhammadiyah Magelang, yang terdiri dari Aning Az-zahra, Hermahayu, Laili Qomariyah, dan Rayinda Fauziah, memberikan pelatihan kepada guru Pendidikan anak usia dini dengan tema perkembangan anak. Pelatihan ini merupakan wujud dari salah satu dari pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini berlangsung 23 Agustus hingga 10 September 2019. Materi disampaikan dengan diskusi interaktif, brainstorming, penugasan, presentasi, dan evaluasi (24/8/19).

Ketua Yayasan Rumahku Tumbuh, Septi Purwandari, memaparkan staff pengajar di sekolahnya masih membutuhkan penambahan wawasan perkembangan serta tugas perkembangan anak dan problem solving. “Selama ini guru di Rumahku Tumbuh masih bingung terkait penanganan masalah-masalah di sekolah dan tugas perkembangan anak.”

Membaca hal tersebut kemudain tim dosen Prodi Psikologi UMMgl berupaya memberikan penyegaran  kepada staff pengajar TK Rumahku Tumbuh. “Melihat kebutuhan sekolah, maka kami tergerak untuk melaksanakan pelatihan di TK Rumahku Tumbuh.” papar Aning.

Salah satu peserta pelatihan, Estik Khomariyah, menurutnya setelah dilaksanakannya pelatihan menambah pengetahuan tentang tumbuh kembang anak. Ia menambahkan pula, staff pengajar Rumhaku Tumbu menjadi memiliki wawasan terkait dengan cara penanganan anak yang disesuaikan dengan usia tahap perkemabangan anak serta karakteristik anak. Diskusi interaktif yang terjadi juga memberikan solusi masalah yang selama ini dihadapi oleh pihak sekolah. “pelatihan menambah pengetahuan kami tentang tumbuh kembang anak. Kami jadi tau bagaimana menangani anak dengan perkembangan usia dan karakter yang beda-beda. Dari diskusi kami jadi menemukan solusi-solusi untuk permasalahan yang kami hadapai selama ini. ”

HUMAS

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!