Setiap tahunnya, UM Magelang meluluskan kurang lebih 100 mahasiswa Program Studi Akuntansi. Setelah berhasil menyelesaikan kuliah, mahasiswa akuntansi akan memilih karir yang dapat dijalani tergantung faktor – faktor yang melatarbelakanginya. Karir atau profesi yang sesuai dengan lulusan akuntansi salah satunya adalah akuntan publik. Namun demikian minat mahasiswa menggeluti profesi dibidang tersebut masih minim, padahal di wilayah Magelang banyak industri yang membutuhkan jasa akuntan publik.

Berawal dari fenomena itulah, Tim PKM  UM Magelang yang terdiri dari Mega Arista Dewayani, Chuswatun Chasanah dan Muhammad Sariful Anam mengajukan proposal PKM Penelitian  berjudul Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi UM Magelang dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik. Proposal tersebut berhasil lolos dalam PKM Dikti Tahun 2017 bersama dengan 27 proposal lain yang berasal dari mahasiswa UM Magelang.

  Muh Al Amin SE, M.Si menjadi dosen pembimbing dalam PKM yang didanai Dikti  senilai 10 juta tersebut. Mega, ketua tim mengatakan, berdasarkan data yang dilansir media, jumlah akuntan di Indonesia masih rendah se-ASEAN, oleh sebab itu sangat perlu dilakukan penelitian tentang minat mahasiswa untuk berkarir sebagai akuntan publik.  Kegiatan dilakukan selama lima bulan mulai Maret hingga Juli 2017.

Mega menjelaskan, kegiatan penelitian tersebut melibatkan 100 mahasiswa Prodi Akuntansi UM Magelang sebagai responden. “Penelitian dilakukan menggunakan data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner. Sebelum menyebar kuesioner, tim memberikan pengetahuan seputar profesi akuntan publik,” ujar Mega.

Rangkaian kegiatan selanjutnya, ujar Mega, yaitu melakukan olah data dan kemudian diuji. Hasil uji data dianalisis  dan memberikan jawaban mengenai minat mahasiswa akuntansi UM Magelang memilih karir sebagai akuntan publik. “Output penelitian berupa artikel ilmiah yang akan dipublikasikan,” tambah Mega.

Tim PKM berharap kegiatan penelitian tersebut dapat memotivasi mahasiswa Akuntansi untuk memilih karir sebagai akuntan publik.Selain itu juga sebagai masukan bagi UM Magelang dalam mendorong minat mahasiswa Akuntansi untuk memilih karir sebagai akuntanpublik serta memberi masukan bahwa peluang terbuka bagi UM Magelang untuk mendirikan Kantor Akuntan Publik. (Humas – Yudia)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!