TIM ASESOR AIPT NILAI UM MAGELANG

Akreditasi perguruan tinggi merupakan proses penilaian terhadap institusi secara keseluruhan untuk mengetahui komitmen institusi terhadap penyelenggaraan akademik dan manajemen institusi yang didasarkan pada standar akreditasi yang telah ditetapkan. Akrrditasi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap semua perguruan tinggi di Indonesia sebagai implementasi Undang-Undang No.12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi.

 Evaluasi terhadap mutu kinerja institusi perguruan tinggi dilakukan melalui assesmen terhadap borang akreditasi dan laporan evaluasi diri institusi oleh tim asesor yang terdiri dari berbagai keahlian terkait yang berpengalaman dan memahami hakekat penyelenggaraan perguruan tinggi baik dalam bidang akademik maupun bidang manajemen.

Selama tiga hari mulai tanggal 17-19 Februari, UM Magelang mendapatkan visitasi dari tim asesor AIPT yang terdiri dari tiga orang yakni Prof. Dr. Hartono, DEA, DESS (UGM), Dr, Ir. Budi Setiawan, MS (IPB), dan Dr. Ir. Danu Ariono (ITB). Kunjungan di hari pertama diawali dengan tinjauan sarana dan prasarana di Kampus 1 yang merupakan bagian dari salah satu standar yang telah ditetapkan. Hari kedua berupa penilaian terhadap tujuh standar akreditasi yang harus dipenuhi. Adapun hari ketiga merupakan evaluasi dari pelaksanaan assesmen.

Ke-7 standar yang telah ditetapkan tersebut yakni (1) visi, misi , tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) SDM, (5) kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Rektor UM Magelang, Ir. Eko Muh Widodo MT yang memimpin langsung proses akreditasi menjelaskan, sebelumnya UM Magelang telah mengirim borang akreditasi untuk selanjutnya diproses untuk divisitasi sebagai bentuk cross check terhadap data-data yang telah disampaikan sebelumnya.

Rektor berharap, segala upaya maksimal yang telah dilakukan oleh segenap warga kampus UM Magelang dapat memberikan hasil yang sangat baik agar UM Magelang dapat berkompetisi tidak hanya di tingkat lokal, namun di tingkat regional bahkan nasional. “Dukungan alumni, stakeholders, dan mitra kerja sama juga sangat mendukung selama proses assesmen,” ungkap Rektor. (YUDIA-HUMAS)

Leave us a Comment