Upaya peningkatan kualitas SDM di lingkungan UM Magelang sebagai lembaga layanan pendidikan semakin ditingkatkan dari waktu ke waktu. Setelah sebelumnya mengikuti  pelatihan softskill pada tahap awal, kini 83 tenaga kependidikan (tendik) di lingkunagn unit kerja UM Magelang kembali mengikuti Pelatihan Softskill dan Peningkatan Komitmen Organisasi  Selasa, 4/9.

Pelatihan yang diadakan di Lantai 2 FEB Kampus 1 UM Magelang itu  dibuka oleh Wakil Rektor 2 Nuryanto M.Kom itu yang antara lain berharap agar pelatihan yang dilakukan hingga sore hari dapat meningkatkan softskill terutama mutu pelayanan secara signifikan mengingat UM Magelang sebagai lembaga layanan pendidikan yang harus mengikuti trend bentuk pelayanan saat ini. “Disamping itu juga diharapkan dapat meningkatkan  komitmen terhadap organisasi  yakni sebagai warga Muhammadiyah melalui pendalaman nilai nilai Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK),” ujar Nuryanto.

Pada sesi pertama seluruh peserta mendapatkan materi tentang Softskill Training for Employee oleh Fajar Riadi DS, Psi, General Manager HRD PT Armada Jaya. Riadi menekankan bahwa dalam sofskill terdapat tiga unsur yakni manajemen waktu, kemampuan komunikasi, dan membangun diri sendiri (self develompent). “Kunci sukses sebagian besar yakni 80% ditentukan oleh sikap, adapun pengetahuan dan ketrampilan masing-masing hanya 10%. Oleh sebab itu kita harus mengoptimalkan kemampuan diri,” tegas Riadi.

Sedangkan di sesi kedua peserta mendapatkan materi tentang Peningkatan Komitmen Ornagisasi yang disampaikan oleh Tohirin, M.Ag, ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Studi Islam (LP2SI). Materi pelatihan dilakukan  dengan membentuk FGD  dan game sehingga peserta dapat meresapi materi yang diberikan. Pada sesi akhir peserta diberi Rencana Tindak Lanjut (RTL) sebagai bentuk statement komitmen kepada lembaga.

 

 

HUMAS

 

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!