Menyambut Hari Raya Idu l Adha 1440 H, Universitas Muhammadiyah Magelang menyembelih 4 (empat) ekor sapi dan 2 (dua) ekor kambing, penyembelihan dilaksanakan di 2 lokasi yaitu di Dusun Gumuk, Kec. Sawangan, Kab. Magelang dan di kampus 2 UMMagelang. Penyembelikan  1 ekor sapi dilaksanakan di dusun gumuk pada hari pertama Minggu, 11 Agustus 2019, sedangkan penyembelihan 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing dilaksanakan hari ini Selasa, 13 Agustus 2019 di Kampus 2 UMMagelang. Hewan qurban tersebut berasal dari 3 ekor sapi dari BPH dan Civitas akademika UMMagelang, 1 ekor sapi dari Bank Syariah Mandiri  dan 2 ekor kambing dari beberapa dosen dan karyawan UMMagelang.

Universitas Muhammadiyah Magelang selain berqurban di kampus juga berqurban di desa-desa wilayah magelang yang setiap tahunnya berpindah lokasi, hal ini sebagai bentuk kepedulian sekaligus syiar terhadap masyarakat sekitar. Disisi lain juga untuk meningkatkan ikatan sosial pada masyarakat. Selain melaksanankan penyembelihan hewan qurban, panitia semarak idul adha 1440 H UMMagelang juga memberikan bantuan bakti sosial berupa pembagian paket sembako, pengobatan gratis, lomba anak sholeh setiap tahunya.

Kegiatan semarak Idul adha 1440 H dilakukan selama dua hari satu malam di Dusun Gumuk, Kec. Sawangan, Kab. Magelang. Kegiatan ini di buka langsung oleh Wakil Rektor III UMMagelang Drs. Mujahidun, M.Pd di masjid setempat. Zuhron Arofi selaku perwakilan dari panitia menjelaskan, “kami selaku panitia berharap kegiatan ini sebagai syiar sekaligus motivasi bagi civitas akademika agar tahun depan bisa lebih bersemangat dalam berqurban.” (10/8/2019)

Pagi harinya civitas akademika UMMagelang bersama masyarakat dusun gumuk melaksanakan sholat idul adha di lapangan Dusun Gumuk yang di imami oleh Ustadz Dr. Imron MA diteruskan dengan khutbah. “Tingkatan iman paling tinggi adalah laailaa ha illallah dan paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan, termasuk memasang penerangan di pinggir jalan”, ujar imron.

Penyerahan paket sembako dan hewan qurban secara simbolik dilakukan oleh Rektor UMMagelang, Ir. Eko Muh Widodo, MT kepada Kepala Dusun Gumuk, Paket sembako berjumlah 100 paket dibagikan kepada warga yg membutuhkan dengan menunjukan tiket yang disediakan oleh panitia. Bersamaan dengan itu berlangsung pengobatan gratis yang dilakukan oleh timkes UMMagelang bersama Dokter Bakhtiar dan Dokter Nina dari poliklinik UMMagelang.

Untuk lomba anak soleh sendiri dilakukan oleh panitia dari mahasiswa takmir masjid Manaarul ‘Ilmi UMMagelang dan IMM di masjid dan lapangan sekitar yang melibatkan anak-anak TPQ Dusun Gumuk. Adapun beberapa perlombaan diantaranya, lomba puisi, adzan, hafalan doa harian, hafalan surat-surat pendek, estafet karet, tebak gaya dan injak balon.

HUMAS

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!