SEBELUM PRAKTEK, MAHASISWA KEPERAWATAN UCAP JANJI

Sebanyak 92 mahasiswa semester 2 Prodi Keperawatan D3 Fakultas Ilmu Kesehatan UM Magelang mengikuti Ucap Janji Keperawatan, Rabu 25/5 di Auditorium Kampus 1 UM Magelang. Selain pimpinan Universitas, acara tersebut juga dihadiri oleh orang tua mahasiswa serta sejumlah tamu undangan termasuk Ketua Persatuan Perawat Nasional  Indonesia (PPNI) Kabupaten Magelang.
       Ns Sambodo Sriadi Pinilih M.Kes, ketua panitia kegiatan mengatakan, ke-92 mahasiswa tersebut sebelumnya telah mengikuti pembekalan, praktek klinik keperawatan  serta ujian praklinik. “Kegiatan tersebut wajib diikuti sebelum mereka melakukan praktek di RS,” ujar Pipin, panggilan akrab Sambodo Sriadi Pinilih. Ia menambahkan, ucap sumpah bertujuan untuk meningkatkan kesiapan bagi mahasiswa dalam menjalankan praktek klinik keperawatan dalam segi kognitif, afektif,  dan psikomotorik
Dalam rangkaian acara yang bertema Membentuk Perawat yang Profesional Islami, Inovatif dan Kompetitif” itu, mahasiswa mengucapkan sumpah perawat di hadapan hadirin. Rektor UM Magelang Ir. Eko Muh Widodo, MT menyampaikan bahwa mahasiswa UM Magelang dibekali dengan tiga kompetensi dasar yakni pengetahuan, keahlian, dan sikap.
“Bagi mahasiswa Keperawatan, sikap yang dimaksud adalah sikap dalam menghadapi dan melayani pasien secara Islami,” jelasnya. Rektor berharap agar saat melakukan praktek di RS para mahasiswa dapat membawa nama baik almamater serta dapat berkolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya.
Pada kesempatan itu Rektor juga menyampaikan bahwa UM Magelang telah mendapatkan Surat Keputusan dari Dirjen Pendidikan Agama Islam Kemenag RI tentang Ijin Penyelenggaraan Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Disamping itu UM Magelang juga telah mendapatkan sinyal lampu hijau untuk pembukaan dua prodi baru yakni S1 Psikologi dan S1 Ilmu Komunikasi.
Dalam acara itu Fikes juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi baik  di bidang akademik maupun non akademik. Usai melakukan acara ucap janji, para dosen dan mahasiswa mengadakan dialog untuk kemajuan yang lebih baik bagi Fikes UM Magelang.
angkat sumpah
humas

Leave us a Comment