SDM AUM PCM SALAM DIBERI PELATIHAN PENGUATAN KELEMBAGAAN

IMG-20180224-WA0022

Permasalahan kualitas SDM dalam lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) membutuhkan solusi, baik pada tahap proses layanan, pembelajaran, dan rasa memiliki SDM terhadap AUM. Permasalahan tersebut tidak terlepas dari peran Majelis Dikdasmen dalam proses rekruitmen yang telah dilakukan, baik dari proses penjaringan, seleksi, penerimaan, sampai pada tahap pembinaan.

Kurangnya rasa memiliki SDM terhadap AUM di tempat mereka bertugas, ditengarai menjadi penyebab terhambatnya perkembangan AUM.  Salah satu indikasinya adalah kurang aktifnya SDM mengikuti kegiatan  di persyarikatan Muhammadiyah.   Hal tersebut menunjukkan kurang diindahkanya pembinaan yang dilakukan oleh Majelis Dikdasmen dalam rangka peningkatan kualitas SDM.

Untuk memaksimalkan peran SDM dalam AUM Muhammadiyah, Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM)  Salam bekerjasama dengan Majelis Dikdasmen perlu mengambil peran dalam memberikan pembinaan, pengawasan, serta pendampingan untuk meningkatakan kualitas SDM baik dari segi layanan, pembelajaran dan memupuk rasa memiliki SDM terhadap AUM untuk penguatan kelembagaan.

Tim Pengabdian Program Kemitraan Universitas (PKU) UM Magelang bermitra dengan Majelis Dikdasmen PCM Salam berusaha mewujudkan penguatan lembaga  yang direalisasikan dalam kegiatan “Penguatan Kelembagaan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan AUM di Lingkungan PCM Salam”  Sabtu (24/2) di Aula SMK Muhammadiyah Salam.

Irham Nugroho, M.Pd.I, ketua tim PKU mengatakan kegiatan  tersebut dilakukan untuk meningkatkan rasa memiliki SDM pada AUM serta untuk  meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kualitas SDM terhadap kewajiban kepada lembaga/AUM ditempat mereka bertugas melalui keaktifan keanggotaan persyarikatan.

Dalam acara yang diikuti oleh 167 peserta yang merupakan Pendidik & Tenaga Kependidikan di lingkungan PCM Salam itu Ketua PDM Kabupaten Magelang Drs. H. Jumari menjadi nara sumber dengan menyampaikan materi tentang Penguatan Kelembagaan Untuk Pendidik Dan Tenaga Kependidikan AUM di Lingkungan PCM Salam. Drs. H Jumari. Ia antara lain mengatakan, untuk menguatkan AUM, ada tiga hal yang perlu dlilakukan yakni  sinergi , SDM yang berkualitas, serta optimis dalam bekerja. “Saling menguatkan bukan saling melemahkan,. Disamping itu guru harus senantiasa belajar  karena bila guru tidak mau belajar, maka berhentilah mengajar. Selain itu tidak boleh mengelola sekolah ala kadarnya,” jelas Jumari.

Ketua Majelis Dikdasmen  PCM Salam  H.  Budaya  S. Pd mengatakan, latar belakang penyelenggaraan ini adalah untuk menguatkan AUM yang ada di lingkungan PCM Salam. “Kita menyadari bahwa guru di lingkungan PCM Salam ini beraneka ragam, namun kita tentunya mempunyai komitmen untuk mengembangkan AUM dan Persyarikatan. Maka dari itu penguatan kelembagaan ini dilaksanakan untuk menata diri membangun komitmen tersebut, “ pungkas Budaya.

Leave us a Comment