Ir. Eko Muh Widodo MT selaku Rektor membuka acara Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Magelang, Sabtu, 31/8 di Auditorium Kampus 1 UMMagelang. Prosesi tersebut menandai peringatan milad ke- 55 UM Magelang dengan agenda Laporan Tahunan Rektor dan Orasi Ilmiah. Milad kali ini bertema UMMagelang berkiprah untuk persyarikatan,  bergerak dan menggerakkan Bersama persyarikatan.

Dalam laporannya, Rektor menyampaikan beberapa aspek terkait kinerja: 1.Tata kelola dan kerjasama, 2.Kemahasiswaan, 3.Sumber daya manusia, 4.Sarpras dan keuangan, dan 5.Output dan outcome. “Sampai saat ini UMMagelang telah memiliki 21 program studi (terdiri dari program pendidikan strata 1 sebanyak 15 program studi, Diploma 3 sebanyak 4 program studi, 1 program studi profesi dan 1 pascasarjana). Pada bidang tata kelola dan kerjasama, UMMagelang telah menetapkan kebijakan strategis dalam bentuk peningkatan status akreditasi program studi sampai peringkat “Unggul” (A), peningkatan kinerja Perguruan Tinggi dan pengembangan kompetisi institusi melalui peningkatan networking baik di tingkat wilayah, nasional, maupun internasional” papar Eko.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa peringkat UMMagelang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2019 ini  UMMagelang berhasil menduduki peringkat 96 (100 Besar) dari 2.141 PTN / PTS dalam daftar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi. Peringkat UMMagelang, naik dari Tahun 2018 (135) dan sekaligus menempatkan UMMagelang ke dalam 7 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah (PTMA) terbaik se-Indonesia.

“UMMagelang mengawal penguatan kelembagaan akademik melalui akreditasi. Hasilnya, sampai Tahun Akademik 2018/2019 ada 4 (empat) program studi di lingkungan UMMagelang terakreditasi A (Program Studi S1 Hukum Ekonomi Syariah, D3 Mesin Otomotif, S1 Pendidikan Agama Islam dan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) (19%)  . Jumlah tersebut lebih banyak dari Tahun Akademik 2017/2018 yang berjumlah 2 (Dua) Program Studi,” ungkap Eko yang menjabat Rektor periode kedua itu.

Peta pendapatan dana dari non-mahasiswa selama tiga tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup bagus. Perolehan pendanaan dari non-mahasiswa sampai tahun 2018/2019 mendekati 7%. Angka ini akan terus diupayakan sampai dengan angka 10% ditahun yang akan datang. Pendanaan dari luar mahasiswa diperoleh dari DIKTI yang terdiri dari hibah Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pertumbuhan pendanaan dari hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mangalami peningkatan yang sangat signifikan seiring dengan masuknya UMMagelang dalam Klaster Utama untuk kinerja penelitian dan Sangat Baik (Very Good) untuk kinerja pengabdian.

Pada kesempatan yang sama Dr. Heni Setyowati Esti Rahayu, S.Kp, M.Kes menyampaikan orasi ilmiah dalam milad ke-55 UMMagelang dengan tema Kolaborasi Perguruan Tinggi (IPTEK) Dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

Heni  memaparkan, SDGs merupakan inisiatif global yang bertujuan untuk menciptakan kehidupan manusia menjadi lebih baik dalam aspek sosial dan ekonomi serta dapat bersinergi dengan lingkungan. Pelaksanaan SDGs mendasarkan pada pendekatan dan strategi yang holistik antara pembangunan ekonomi, inklusi sosial, dan keberlanjutan lingkungan dengan tetap mengedepankan pada karakteristik dan prioritas tiap-tiap negara. “SDGs membawa lima prinsip-prinsip mendasar yang menyeimbangkan dimensi ekonomi, sosial dan lingkungan, yaitu: 1. People (manusia), 2. Planet (bumi), 3. Prosperity (kemakmuran), 4. Peace (perdamaian), dan 5. Partnership (kerjasama). Kelima prinsip dasar ini dikenal dengan istilah 5 P dan menaungi 17 tujuan serta 169 sasaran yang tidak dapat dipisahkan, saling terhubung, dan guna mencapai kehidupan manusia yang lebih baik,” ujarnya.

Sambutan Walikota Magelang melalui Sekda Kota Magelang Joko Budiyono, MM yang hadir pada saat itu menyampaikan ucapan selamat Milad ke-55 kepada UMMagelang. “Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Magelang mengucapkan selamat dan sukses kepada Universitas Muhammadiyah Magelang atas kiprah dan dharma baktinya dalam dunia pendidikan khususnya di kota Magelang,“ ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, UM Magelang juga memberikan penghargaan pengabdian 20 tahun kepada
Dr. Rochiyati Murniningsih, SE., MP. Pin emas disematkan oleh Wakil Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMMagelang Drs. Muljono, MM kepada yang bersangkutan. Selain itu Universitas juga memberikan penghargaan bagi berbagai jenis prestasi yang diraih oleh para mahasiswa dan Tenaga Kependidikan. Prestasi tersebut baik dibidang penalaran maupun minat dan bakat dibidang olah raga dan seni yang diserahkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Purwati MS, Kons serta Wakil Rektor Bidang  Keuangan dan Sumber Daya Manusia  Nuryanto, ST., M. Kom.

(Humas)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!