Tiga dari  42 judul proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UMMagelang yang lolos dalam pendanaan Kemenristek Dikti tahun 2018, berhasil lolos mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Naional (PIMNAS) ke-31 yang akan diadakan di UNY tahun ini.

Tiga proposal tersebut bersama puluhan propsosal PKM lainnya telah melalaui tahapan monitoring dan evaluasi (monev) eksternal beberapa waktu lalu melalui dua reviewer. Berkaitan dengan hal tersebut, Drs. Mujahidun, M.Pd menyatakan rasa bahagia dan bangga terhadap mahasiswa UMMAgelang yang terus mengalami peningkatan dalam hal penulisan  karya ilmiah baik secara kuantitas maupun kualitas. “Hal tersebut tidak lepas dari usaha dan doa yang tiada henti  dari semua  lini untuk kemajuan UMMagelang,” ujar Muja.

Ia menambahkan, hal tersebut sesuai dengan harapan dari warga kampus UMMagelang, terutama Rektor UMMagelang yang menyampaikan harapannya agar ada proposal PKM UMMagelang yang lolos ke Pimnas saat membuka acara  Pertemuan  dan Silaturahim Pimpinan Bidang Kemahasisiwaaan Rayon 3  yang diadakan di UM MAGelang beberapa waktu lalu.

Adapun ketiga proposal yang berhasil lolos ke Pimnas itu masing –masing  PKMKC PITACE, Pendingin Ikan Menggunakan Teknologi AC Elektrik, PKMM Romusa Katulistiwa (Roti Muter Kadaluwarsa Kanggo Tulis Tinulis Aksara Jawa) : Inovasi Media Pembelajaran Aksara Jawa dengan Model Tandur bagi Siswa SDN Sriwedari 2), serta PKMPSH Penyelesaian Sengketa Perkara Nasabah Wanprestasi Ekonomi Syariah di Pengadilan Agama Mungkid Magelang.

Dengan perolehan tersebut, ujar Muja, UMMagelang menjadi salah satu dari 14 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dari ratusan PTM yang ada di Indonesia  yang berhasil  ikut dalam ajang bergengsi Pimnas tahun ini. Selain itu UM Magelang bersama UM Purwokerto, UM Sumatera Utara, dan UAD termasuk dalam kategori PTM yang banyak meloloskan proposal PKM tahun ini, masing-masing 3 proposal. Adapun proposal terbanyak dari UMY sebanyak 6 proposal. .

Upaya selanjutnya untuk memnpersiapkan Pimnas segera dilakukan UMMagelang dengan mengadakan koordinasi dan pembekalan agar dapat meraih kembali medali emas seperti yang pernah diperoleh sebelumnya.

 

 

HUMAS

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!