FAKULTAS TEKNIK UMMgl MEMBERI PEMBEKALAN TIK KEPADA PELAKU DESA WISATA POGALAN

IMG_6018_compressed

Dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) bagi pelaku Desa Wisata Pogalan, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang (FT UMMgl)  mengadakan kegiatan pelatihan komputer dan Internet untuk tingkat dasar. Kegiatan iniditujukan kepada kelompok masyarakat desa Pogalan Kecamatan Pakis Kab. Magelang dari berbagai unsur yang terlibat dalam program mewujudkan Desa Wisata Pogalan.

Menurut koordinator pelaksana kegiatan sekaligus instruktur pelatihan Bambang Pujiarto, S.Kom., M.Kom, materi pelatihan ini meliputi pengenalan dasar-dasar komputer perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), penggunaan aplikasi MS Office, dan aplikasi Internet. Kegiatan yang berlangsung tiga hari dari tanggal 7-9 September 2017 ini bertujuan memberi pembekalan kepada masyarakat untuk lebih dapat memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) dalam mewujudkan Desa Wisata yang berkelanjutan.

Menurut pria yang merupakan dosen prodi Teknik Informatika di FT UMMgl ini “Peran TIK sangat membantu dalam pembangunan pemerintah desa pada era digital seperti ini, karena mau tidak mau masyarakat akan dihadapkan dengan transformasi cara-cara manual menuju berbasis TI. Oleh sebab itu perlunya dimulai pengenalan, pembelajaran, dan pembiasaan (budaya) menggunakan TI kepada masyarakat sampai di tingkat bawah.”

Pelatihan yang diadakan di Laboratorium Komputer FT UMMgl ini di ikuti oleh 15 peserta dari unsur pemerintah dan masyarakat dan ini merupakan rangkaian program Pengabdian pada masyarakat Diseminasi Teknologi dari MenristekDIKTI yang dalam hal ini diketuai oleh Yun Arifatul Fatimah, MT., PhD yang juga merupakan Dekan Fakultas Teknik. Pada akhir pelatihan disampaikan ketua kelompok BUMDES terpilih desa Pogalan, Madiyono berharap masih ada kegiatan lanjutan kedepannya dan adanya pendampingan terus dari pihak Universitas Muhammadiyah Magelang dalam pembangunan bidangTI di desa Pogalan.

 (HUMAS)

Leave us a Comment