Himpunan Mahasiswa Prodi (Himaprodi) Teknik Informatika Fakultas Teknik UMMagelang mengadakan seminar “Ethical Hacking” Sabtu 5 Desember 2014. Acara yang diadakan di Aula Gedung Rektorat lantai 3 tersebut diikuti kurang lebih 100 peserta yang berasal dari mahasiswa berbagai jurusan di UMMagelang.

Agung, ketua panitia kegiatan dalam laporannya menyampaikan bahwa seminar tersebut diadakan bekerjasama dengan Telkomsel Regional Jateng DIY dan HIMANIFO (Himpunan mahasiswa Teknik Informatika) UM Magelang.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik Retno Rusdjiati, M.Kes. Retno berharap agar materi yang disampaikan para pemateri bisa bermanfaat dan bisa menginspirasi para peserta untuk bisa melakukan berbagai kegiatan terutama yang berhubungan dengan akademis untuk pengembangan diri masing-masing.

Seminar menghadirkan beberapa pemateri, pertama dari Tim CYBER JAWARA yang terdiri dari Sukma, Andri, Dessi, Annas dan Tyo’ yang merupakan mahasiswa Fakultas Teknik UM Magelang. Kelima orang tersebut saling bergantian dalam berbagi pengalaman atas prestasi yang pernah diraih sebagai juara 1 pada event Cyber Jawara tingkat Nasional yang diselenggakan oleh Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID SIRTII) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI beberapa waktu lalu.

Pemateri kedua, Agus Budi Prasetyo dari Telkomsel regional Jateng&DIY. Dalam materinya ia mensosialisasikan tentang produk-produk Telkomsel dan berbagi ilmu bagaimana memanfaatkan internet di bidang pendidikan dan ekonomi. Salah satunya dengan program LOOP dan sederet langkah lanjutannya, hanya satu di antara cara efektif yang bisa dikembangkan guna menciptakan ekosistem digital yang sehat, khususnya di Indonesia, papar Agus.“Hal tersebut juga akan berdampak langsung terhadap fenomena cyberbullying, sehingga anak muda tak hanya bisa membully di duina maya,tetapi jago menciptakan uang atas ide dan potensi kreatifitas yang mereka miliki,” ungkap Agus.

Pemateri ketiga, Rahmat Sandi selaku wakil ketua HIMANIFO UM Magelang. Rahmat dalam materinya menyampaikan tentang SQL Injection. “SQL Injection merupakan sebuah teknik menyalahgunakan sebuah celah keamanan yang terjadi dalam lapisan basis data sebuah aplikasi,” papar Rahmat. Celah tersebut lanjut Rahmat, terjadi ketika masukan pengguna tidak disaring secara benar dari karakter-karakter pelolos bentukan string yang diimbuhkan dalam pernyataan SQL.

HUMAS

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!