Sebagai salah satu kegiatan untuk mendukung jiwa kepemimpinan, keteladanan, dan enterpreneur, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UMMagelang menyelenggarakan kegiatan “Pekan PGSD” pada Kamis 26 Februari 2015.

Rasidi, M. Pd, Kaprodi PGSD FKIP UMMagelang mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium Kampus I UMMagelang tersebut diikuti lebih 150 mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang dengan tujuan agar mahasiswa dapat saling menunjukkan kreativitasnya.

Rasidi menambahkan, selama tiga hari hingga 28 Februari, “Pekan PGSD” dirangkai dengan berbagai kegiatan yakni Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru SD se-Magelang, Pameran Media Pembelajaran SD, Lomba Tari Tradisional SD se-Kedu, serta Sarasehan Indonesia Mengajar. “Pameran menampilkan karya mahasiswa PGSD, diantaranya karya media pembelajaran jenis media audio, visual, audio visual dan grafis. Seluruh kegiatan dipusatkan di Auditorium Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Magelang, “ imbuhnya

Kegiatan bertema “100% Cinta Indonesia” itu dibuka langsung Rektor UMMagelang Ir. Eko Muh Widodo, MT. Rektor dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan para mahasiswa PGSD yang akan menjadi inspirasi untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan utamanya pendidikan guru sekolah dasar. “Saya berharap acara ini lebih ditingkatkan dan bisa menjadi acara tahunan PGSD, sehingga Prodi PGSD bisa menjadi prodi unggulan UMMagelang,” ungkap Rektor.

Dalam workshop PTK, dua dosen PGSD FKIP UMMagelang menjadi pemateri, yakni Muh Rizky Tabah Subekti M.Pd dan Galih Istiningrum M.Pd. Dalam materinya Tabah mengatakan, PTK merupakan penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru di dalam kelas yang dilakukan secara berkesinambungan untuk memecahkan masalah dengan menerapkan solusi hingga masalah dapat benar-benar diatasi. “PTK berbeda dengan penelitian formal karena dalam PTK instrumen valid dan realibel tidak diperhatikan dan tidak selalu menggunakan hipotesis. PTK merupakan bentuk pengamatan secara langsung kepada peserta didik dan memperbaiki pembelajaran secara langsung,” imbuhnya

Adapun Galih Istiningrum M.Pd yang menjadi pemateri kedua menyampaikan tentang lima langkah utama PTK yakni mengindentifikasi masalah, menganalisa dan merumuskan masalah, merencanakan PTK, melaksanakan PTK, dan melaporkan hasil. (RIFA’I-HUMAS)

Tags : FKIP, PGSD, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, UMMGL, Universitas Muhammadiyah Magelang, UMMagelang