Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) yang merupakan  kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh dosen UM Magelang terus berlanjut.  Menurut ketua Tim PPDM UM Magelang, Dr. Purwati, MS, Kons, kegiatan yang diadakan di Desa Menayu tersebut dilakukan untuk mewujudkan Desa Menayu sebagai Desa Layak Anak. Ia mengatakan, kegiatan lanjutan dari PPDM di Desa Menayu yakni Sosialisasi dengan tema Peran Remaja dalam Kemasyarakatan di Era Milenial, bertempat di Balai Desa Menayu, beberapa waktu lalu.

Ana Ramadhani, mahasiswa yang mewakili tim PPDM mengatakan, dalam kegiatan yang dihadiri dihadiri oleh Kepala Desa Menayu beserta perangkatnya itu dihadiri puluhan peserta remaja mulai dari siswa SMP, SMA hingga mahasiswa.  Sosialisasi tersebut, kata Ana,  dilakukan mengingat pentingnya peran remaja dalam masyarakat. “Remaja memiliki potensi yang besar dalam kemajuan suatu masyarakat sehingga ia harus memiliki wawasan yang luas untuk dapat menjalankan perannya secara optimal. Disamping itu juga untuk mencegah remaja dari perilaku menyimpang  ” ungkapnya.

Kepala Desa Menayu, Sugiarto, mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan tim PPDM UM Magelang untuk para remaja di desanya. “Dengan adanya sosialisasi ini diharap dapat bermanfaat bagi para remaja desa Menayu agar terhindar dari hal-hal negatif,” ujar Sugiarto.

Sosialisasi disampaikan oleh  tim dari Unit Kegiatan Mahasiswa  UKM) Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) UM Magelang . Dalam Sosialisasi tersebut, disampaikan materi diantaranya pembahasan mengenai apa itu remaja, peran remaja sebagai agent of change dan potensi-potensi yang dimiliki remaja, perilaku sehat remaja, dampak perilaku negatif hingga penyakit-penyakit yang dapat menyerang organ reproduksi.

Kegiatan Sosialisasi tersebut mendapat apresiasi yang baik dari para peserta. Hal tersebut tampak dari besarnya antusias dan partisipasi remaja Desa Menayu dalam mengikuti Sosialisasi. Sariningsih, salah satu peserta  mengungkapkan perasaannya setelah mengikuti Sosialisasi, “Senang karena jadi tambah pengetahuan dan jadi lebih mengerti bagaimana cara menjadi remaja yang sehat dan cerdas,” ungkapnya.

 

HUMAS

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!