Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)  FKIP UMMagelang mengadakan kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Auditorium kampus 1 UMMagelang (07/05).

KMD yang diadakan PGSD UMMagelang bekerjasama dengan pusdiklat Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Magelang tersebut diikuti oleh 168 peserta dari mahasiswa PGSD. Rasidi, M.Pd ketua panitia acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan KMD diwajibkan untuk mahasiswa PGSD sebelum menempuh skripsi. “Melalui KMD ini, mahasiswa akan dibekali keterampilan pramuka untuk menunjang karirnya sebagai guru Sekolah Dasar (SD). Mahasiswa  wajib memiliki sertifikat keahlian dalam bidang lain sebagai pendamping ijazahnya ketika lulus,” tegas Rasidi.

Acara yang dibuka oleh ketua Pusdiklat Kwarcab Kota Magelang, MS Sumariyo, S.Pd tersebut diadakan  selama tiga hari. Hari pertama dan kedua (7-8/05) para peserta mendapatkan materi di Auditorium Kampus 1 UMMagelang. Adapun  materi di sesi akhir diadakan Ahad (13/05) diadakan di  Balai Desa Paremono, Mungkid.

Sumariyo dalam sambutannya menuturkan, peran guru SD yang memiliki keterampilan pramuka sangat membantu dalam mengenalkan pramuka sejak dini. “Nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan pramuka sangat diperlukan untuk membangun karakter siswa. Apalagi untuk siswa SD, mereka akan lebih mudah menyerap materi dan keterampilan dalam Pramuka,”  tutur Sumariyo.

“Materi KMD yang disampaikan meliputi prodik pramuka siaga, penggalang dan penegak, cara membina dan sistem among, cara bergaul dengan peserta didik, sistem keorganisasian dalam pramuka,  serta praktik keterampilan pramuka siaga, penegak dan penggalang,” tambah Sumariyo.  Materi disampaikan oleh  senior dari Kwarcab Kota Magelang dibantu oleh mahasiswa UMMagelang. Sebelum acara dimulai, para peserta diberikan pre test untuk mengetahui kemampuan siswa.

(HUMAS)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!