PGMI UM MAGELANG BERIKAN PELATIHAN KEPRAMUKAAN

IMG_7988

Gerakan pramuka sejatinya merupakan elemen penting dalam dunia pendidikan untuk membentuk kepribadian yang disiplin dan bertanggung jawab.Untuk itu, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Agama Islam (FAI) UM Magelang melakukan pelatihan kepramukaan di Aula Rektorat lantai 3 pada Jumat (26/01).

Pelatihan yang bertemakan “Pelatihan Kepramukaan Guna Meningkatkan Jumlah dan Mutu Anggota Gerakan Pramuka”  tersebut diikuti oleh 60  mahasiswa PGMI FAI UM Magelang.  “Gerakan kepramukaan ini bertujuan untuk membentuk kepribadian  setiap anggota pramuka  agar lebih beriman, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai bangsa dan mampu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Ketua panitia acara, Irham Nugroho, M.Pd.I.

Irham juga menambahkan bahwa inisiatif terselenggaranya pelatihan tersebut muncul atas harapan dari stakeholder yang menginginkan lulusan PGMI UM Magelang memilki kecapakan dalam bidang kepramukaan. “Saya berharap dengan pelatihan kepramukaan ini, mahasiswa PGMI memiliki bekal materi kepramukaan yang nantinya bisa digunakan ketika mereka terjun ke sekolah atau madrasah,” tutur Irham.

Dekan FAI UM Magelang, Dr. Nurodin Usman, Lc., MA dalam sambutannya menyampaikan dukungannya terhadap acara ini.  “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sebagai tenaga pengajar, lulusan PGMI UM Magelang harus memilki keahlian lain seperti kepramukaan,” kata Nurodin. Ia juga berharap para peserta dapat mengikuti acara sampai akhir, karena materi ini akan sangat berguna bagi para peserta setelah mengajar.

Materi pelatihan kepramukaan disampaikan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Tidar Diwangkara di UM Magelang yang meliputi pelatihan keracanaan, pelatihan tali – temali dan materi kompas arah mata angin. Selain itu peserta juga diberikan yel-yel penyemangat untuk menghidupkan suasana baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.

 

HUMAS

Leave us a Comment