PERTUKARAN MAHASISWA DAN DOSEN FIKES UM MAGELANG KE THAILAND

Sebagai tindak lanjut dari MoU yang telah dilakukan beberapa waktu sebelumnya, Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UM Magelang mengadakan pertukaran mahasiswa dan dosen ke Khon Kaen University (KKU) Thailand. Acara pelepasan diadakan Jumat 8/8 di Ruang Sidang Fikes, Mertoyudan.

Dekan Fikes UM Magelang, Ns. Puguh Widiyanto M.Kep dalam laporannya mengatakan, pada tahap awal sebanyak 10 mahasiswa dan satu dosen dikirim ke KKU. “10 orang tersebut merupakan mahasiswa program Profesi Ners semester dua yang terdiri dari dua orang putra dan delapan putri. Sedangkan dosen yang dikirim adalah Ns. Sumarmo Adi Subroto yang merupakan dosen Prodi S1 Keperawatan. Mereka telah mengikuti seleksi mulai bulan April lalu,” jelas Puguh.

Ia menambahkan, para mahasiswa akan mengikuti kegiatan selama satu bulan dari tanggal 9/8 hingga 5/9. Ke-10 mahasiswa tersebut memilih tiga peminatan yakni keperawatan gawat darurat, perawatan kritis serta perawatan komunitas. Adapun dosen yang dikirim hanya akan berada di KKU selama seminggu dan bertugas memberikan kuliah di KKU.

Puguh menegaskan bahwa fakultas memberikan subsidi uang saku kepada para peserta karena biaya penggunaan laboratorium untuk praktek serta asrama telah ditanggung oleh pihak KKU. Ke depan, program tersebut akan terus dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Fikes.

Wakil Rektor 1 UM Magelang, Dr. Purwati MS yang mengikuti acara pelepasan mengapresiasi langkah progresif Fikes yang menjadi pelopor kegiatan student and lecturer exchange di UM Magelang. Ia berharap agar kegiatan itu dapat memacu fakultas lain untuk mengadakan program serupa karena bermanfaat untuk meningkatkan nilai akreditasi baik fakultas maupun institusi.

Dalam kesempatan itu Purwati juga berpesan agar para peserta menjadi duta yang baik dengan cara menyesuaikan diri dengan budaya setempat serta dapat menjaga nama baik UM Magelang maupun Indonesia. Ia juga berharap agar para peserta nantinya dapat mempresentasikan hasil kegiatan mereka selama di KKU baik teori maupun praktek.(YUDIA-HUMAS)

1 Comment

  • Siti Hanifah
    Reply

    CONGRATULATION and i PROUD of you FIKES UMMgl

Leave us a Comment