PERINGATI NUZULUL QUR’AN, UMMAGELANG GELAR PENGAJIAN

IMG_5139

Untuk menyambut Nuzulul Quran pada 17 Ramadhan, Lembaga Pembinaan dan  Pengembangan Studi Islam (LP2SI) UMMagelang mengadakan pengajian Nuzulul Qur’an di Auditorium Kampus 1 UMMagelang pada Sabtu (02/06). Kegiatan yang mengusung tema “Al Quran dan Generasi Milenial” tersebut diikuti oleh 250 peserta yang terdiri dari Dosen, Tenaga pendidikan UMMagelang, guru SMA/SMK Muhammadiyah kota Magelang, Siswa SMA, dan masyarakat umum.

Ketua LP2SI Tohirin M.Ag dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan pengajian Nuzulul Quran ini merupakan rangkaian dari kegiatan Ramadan di Kampus (RDK) yang diadakan LP2SI UMMagelang.

Adapun Rektor UMMagelang, Ir. Eko Muh widodo, MT, ketika membuka acara menyampaikan bahwa pengajian nuzulul quran tersebut menjadi penting untuk meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan ramadhan. “Apalagi jika kita lihat tema pada pengajian kali ini, yaitu mengenai al Qur’an dan generasi milenial, dimana meraka  ini lebih sering membuka smartphonenya dibanding membuka al Qu’an,” tutur Eko.

Dr. H. Khoiruddin Bashori, M.Si, pemateri pengajian tersebut antara lain mengulas bahwa di bulan puasa ini kita harus banyak mengendalikan diri dari penggunanaan media khususnya media sosial yang banyak memunculkan status atau berita yang tidak bermanfaat bahkan dapat merusak iman kita, terlebih dengan berita provokasi politik seiring dengan maraknya pilpres 2019.

Ia memuji generasi milenial yang “melek”  teknologi melebihi generasi sebelumnya yakni orang tuanya. Mereka sangat paham dan familiar dengan smartphone termasuk hal-hal detil yang dimiliki oleh smartphone tersebut.  Di akhir pengajian Khoiruddin menutup dengan surat Al Qashas ayat 70, yaitu tentang perintah berbuat baik sebagaimana Allah berbuat baik kepada manusia.

Leave us a Comment