Di tengah pandemi Covid-19, Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMagelang) melaksanakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2020 (Pilmapres) secara daring dan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rektorat pada Kamis (11/6), menghadirkan tujuh kandidat mahasiswa S1 dan D3 pilihan dari masing-masing fakultas yang ada di UMMagelang.

Sebelumnya, mahasiswa tersebut telah melalui seleksi di tingkat fakultas dan kemudian melalui bimbingan yang intensif untuk merebutkan juara di tingkat Universitas yang nantinya akan diajukan mewakili perguruan tinggi pada kompetisi tingkat nasional.

Dalam sambutannya, Puguh Widiyanto, M.Kep selaku Wakil Rektor I UMMagelang menuturkan bahwa kegiatan ini pertama kalinya dilaksanakan secara daring dan tanpa penonton. “Sekalipun diadakan secara daring, kondisi seperti ini tidak menyurutkan semangat para kontestan untuk berjuang menjadi yang terbaik pada ajang pemilihan mahasiswa berprestasi 2020”, ujarnya.

Satu per satu, mahasiswa mempresentasikan gagasan yang dilombakan kepada juri secara daring dengan menggunakan Bahasa Inggris. Adapun beberapa keriteria penilaian diantaranya: presentasi, komunikasi bahasa inggris, prestasi dalam perkuliahan, keaktifan dan kepemimpinan di dalam organisasi kampus.

Dari kriteria di atas, menghasilkan tiga juara tingkat S1; juara 1 diraih oleh Khafidotul Uliyah, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan judul “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi UMKM di Era Industri 4.0 Melalui Gelangtech (Magelang Gemilang Tecnology)”, juara 2 diraih oleh Muhammad Syihabudin Az Zubair, mahasiswa Fakultas Teknik dengan judul “Geographic Infornation Systems Web-based religious events (case study: magelang regacy)” dan juara 3 diraih oleh Azizatul Islamiyah, mahasiswa Fakultas Agama Islam dengan judul “Model Investasi Islam Untuk Mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) pada Lembaga Wakaf Kabupaten Magelang”. Sementara itu, tingkat D3 menetapkan Nurinda Fitriana, mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan sebagai juara satu, dengan judul “Pemanfaatan Penggunaan Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus Undatus) Sebagai Kontrol Kadar Glukosa Darah”.

Ns. Margono, M.Kep, Ketua Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) mengatakan bahwa perolehan tersebut nantinya akan mendapat bimbingan lebih lanjut dan akan dilombakan ke tingkat selanjutnya di Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), 16 Juni 2020 mendatang.

(HUMAS)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!