Akhir tahun 2019 masa jabatan Rektor UM Magelang akan berakhir. Untuk memilih Rektor masa Jabatan 2020 – 2024 mendatang, Senat UM Magelang telah mengadakan agenda penjaringan bakal calon Rektor tanggal 25 Oktober lalu. Setelah mengadakan verifikasi kelengkapan administrasi, Senat UM Magelang menetapkan tiga bakal calon Rektor UM Magelang yakni Dr. Suliswiyadi M.Ag, Dr. Nurodin Usman, Lc, MA dan Dr. Heni Setyowati ER.,S.Kp., M.Kes. Pemaparan Visi dan Misi Bakal Calon Rektor diadakan hari Selasa 3/12 dalam agenda Rapat Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Magelang.

Acara yang diadakan di Aula Gedung Fikes UM Magelang itu diikuti oleh anggota senat, pengurus Badan Pembina Harian (BPH), wakil dekan, kaprodi, kepala biro, serta perwakilan mahasiswa dan berlangsung selama kurang lebih dua jam. Ir. Eko Muh Widodo MT, ketua Senat mengatakan, pada awal penjaringan cukup banyak bakal calon yang muncul, termasuk dari lingkungan eksternal kampus. “Namun setelah melalui beberapa pertimbangan akhirnya senat memutuskan untuk memilih tiga nama sebagai bakal calon rektor UM Magelang yang merupakan putra-putri terbaik serta dinilai capable dan representatif memenuhi kriteria yang telah ditetapkan,” ujar Eko saat menyampaikan sambutannya.

Dalam acara yang dipandu oleh Agus Setiawan, M.Eng., Dosen Fakultas FT yang juga anggota senat, Dr. Suliswiyadi M.Ag diberi kesempatan pertama untuk memaparkan visi misinya. Ia menyampaikan kepemimpinan eligible harus didukung oleh tiga ciri sifat kepemimpinan yang holistik dan muncul secara bersama-sama dalam sebuah karakter leadership. “Tiga ciri sifat itu adalah kepemimpinan organisasi, kepemimpinan operasional, dan kepemimpinan publik. Tiga sifat itulah yang nantinya akan kita terapkan di UM Magelang,” jelasnya

Adapun Dr. Nurodin Usman, Lc, MA memaparkan tentang penguatan hubungan antara UM Magelang dengan persyarikatan. Nurodin lebih menekankan pada kegiatan keagamaan yang tentunya melibatkan persyarikatan Muhammadiyah. Ia juga mengingatkan kepada semua yang hadir untuk berjuang di Muhammadiyah sengan ikhlas. “Kita harus selalu ingat tujuan para pendiri kita mendirikan UMMagelang. Disini bukanlah tempat untuk memperkaya diri secara materi, tapi untuk berjuang,” pesannya.

Dan penyampaian visi dan misi terakhir oleh Dr. Heni Setyowati ER.,S.Kp., M.Kes. Ia memiliki visi yaitu UM Magelang menjadi organisasi pembelajar yang unggul dan islami. “UM Magelang merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah yang harus selalu kita jaga dan harus selalu kita kembangkan agar UM Magelang semakin maju dan berkembang dengan mengedepankan adanya kebersamaan, saling asah asih dan asuh,” jelasnya.

Pada sesi tanya jawab bersama audiens, tiga bakal calon rektor tersebut secara bergantian menjawab pertanyaan. Masing-masing menjawab dua pertanyaan secara acak yang terdiri dari pertanyaan dari dosen, karyawan, dan pertanyaan dari para mahasiswa yang hadir.

Pada penutupan acara, Eko menyatakan bahwa siapapun yang terpilih nantinya maka harus dikawal bersama-sama. “Jabatan Rektor bukan sesuatu yang harus dikejar, tetapi merupakan amanah dari persyarikatan serta Allah Swt,” pungkasnya.

Agenda selanjutnya yakni pemilihan calon rektor dan pengiriman bakal calon Rektor ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM) dan pada tanggal 13 Desember mendatang.

HUMAS

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!