PAMERAN PRODUK KKN POSDAYA

Sebagai salah satu rangkaian kegiatan, peserta KKN Posdaya UM Magelang mengadakan Pameran Produk KKN Posdaya di empat lokasi. Ir. Moehamad Aman MT, ketua panitia KKN Posdaya mengatakan, Senin lalu (8/12) pameran diadakan di Kecamatan Windusari. Hari ini, Kamis (11/12) pameran diadakan di Kecamatan Sawangan, tepatnya di Balai Desa Gondowangi yang dihadiri oleh Rektor UM Magelang, Ir. Eko Muh Widodo MT beserta jajaran wakil rektor serta ketua LP3M, ketua panitia dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Pameran yang dihadiri oleh Camat Sawangan Drs. Wisnu Arga MM itu menyajikan aneka hasil produk olahan dari tiga dusun binaan KKN Posdaya yakni Dusun Penggaron Kidul, Gunung Lemah Tawang, dan Surodadi. Produk yang dipamerkan antara lain olahan batu dari gunung Merapi berupa cobek dan kaligrafi. Selain itu juga produk plastik limbah yang dijadikan tas dan kap lampu. Aneka produk camilan dan makanan juga disajikan dalam pameran yang dihadiri warga sekitar.

Camat Sawangan dalam sambutannya menyatakan apresiasi kepada mahasiswa peserta KKN Posdaya yang telah menggugah masyarakat di Kecamatan Sawangan untuk mengolah bahan baku lokal menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai jual tinggi. “Tahun 2015 diharapkan semua dusun yang ada di Kecamatan Sawangan sudah tercakup dalam KKN Posdaya dengan masing-masing produk unggulan yang dapat dijual,” harap Wisnu. Ia juga menghimbau pada kadus dan kades untuk meningkatkan produk yang sudah dibuat. “Mahasiwa KKN juga diharapkan untuk membantu memasarkan produk masyarakat,” tambahnya.

Adapun Rektor UM Magelang Ir Eko Muh Widodo MT mengatakan terima kasih kepada pihak Kecamatan yang telah memfasilitasi mahasiswa UM Magelang untuk mengadakan KKN di lokasi tersebut. Rektor juga mensupport warga yang memulai usaha agar mencontoh para pengusaha besar yang semula juga merintis usaha dari mulai yang kecil. “Justru para pengusaha dapat menjadi boss bagi diri sendiri, karena ia yang mengatur jadwal kerjanya sendiri,” kata Rektor.

Pada kesempatan itu Rektor juga menyerahkan hadiah bagi pemenang Lomba Posdaya Damandiri Award Tahun 2014 untuk tingkat LPPM/LPM UM Magelang. Kecamatan Sawangan mendapatkan Juara II dan Harapan I. Juara I diraih oleh Kecamatan Windusari  dan Juara III diraih Kecamatan Mungkid. Juara I mendapatkan piagam penghargaan dan uang modal sebesar 3 juta, Juara II sebesar 2 juta dan Juara III sebesar 1 juta.   Selanjutnya Juara I,II, dan III diajukan ke tingkat Regional Jawa Tengah 1 dan Kecamatan Windusari mendapatkan penghargaan sebagai Juara Harapan VI.

HUMAS

Leave us a Comment