MoU UM MAGELANG DENGAN UTM MALAYSIA

Sebagai perguruan tinggi yang makin berkembang, UM Magelang terus berusaha menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri. Salah satu upaya yang dilakukan UM Magelang adalah dengan menjalin kerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Malaysia. Acara penandatanganan MoU tersebut diadakan di sela-sela kunjungan selama empat hari mulai tanggal 12 hingga 15 Mei lalu di Malaysia.

Rektor UM Magelang Ir. Eko Muh Widodo MT melakukan kegiatan didampingi Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr. Purwati MS dan Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi Umum Nuryanto M. Kom. Kegiatan diadakan bersama dengan sembilan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia melalui program Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam rangka menjalin kerja sama, termasuk dengan perguruan tinggi lain dari 15 negara dalam acara University President Forum (UPF) 2015.

Selain menjalin kerja sama, kegiatan tersebut juga sebagai ajang sharing dari berbagai Perguruan Tinggi terkenal dari berbagai negara di belahan dunia antara lain Amerika, Inggris, Australia, Cina, Korea, Philipina, Brunei dan Nigeria. UTM sebagai tuan rumah penyelenggaraan UPF 2015 memaparkan berbagai program unggulan yang dimiliki. Tindak lanjut dari MoU tersebut langsung akan dikoordinasikan di tingkat Majelis Dikti PP Muhammadiyah sebagai tahapan pengembangan dan peningkatan pelayanan PTM yang merupakan lembaga pendidikan tinggi pilihan masyarakat.

Rektor UM Magelang berharap MoU tersebut dapat diimplementasikan melalui penelitian bersama (joint research), pertukaran mahasiswa (student exchange), publikasi ilmiah bersama serta program magang dosen dan mahasiswa UM Magelang. MoU berjangka waktu lima tahun itu akan segera direalisasikan di UM Magelang melalui unit terkait dan diharapkan akan membawa perubahan yang signifikan bagi UM Magelang yang kini telah menyandang akreditasi institusi dengan peringkat “B”.

Lebih lanjut Eko mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk responsibility UM Magelang terhadap amanah atau kepercayaan yang diberikan masyarakat.(YUDIA-HUMAS)

Leave us a Comment