MONEV KEGIATAN IbW UM MAGELANG – UNTIDAR

Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Dikti untuk kegiatan Iptek bagi Wilayah (IbW) yang dipimpin oleh Suparni Setyowati Rahayu mengadakan monev di Ruang Sidang Fakultas Teknik UM Magelang, Rabu 9/9.

Kegiatan Iptek bagi Wilayah (IbW) yang diketuai oleh Oesman Raliby M.Eng merupakan kegiatan kerjasama tim dari Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi UM Magelang bekerjasama dengan tim dari Untidar. Oesman memaparkan bahwa kegiatan IbW tahun 2015 ini merupakan pelaksanaan terakhir sejak tahun 2013. “Kegiatan diadakan di Tidar Campur dan Jurang Ombo Utara dengan tema penataan lingkungan hidup dan peningkatan daya saing industri kecil,” ujarnya.

Lebih lanjut Oesman menjelaskan bahwa pada tahun ketiga ini di kedua tempat binaan tersebut telah terbentuk kampung organik, budidaya ikan tawar, biodigester pengolahan limbah cair tahu, dan beroperasinya bank sampah. Kegiatan tersebut secara tidak langsung turut memberikan kontribusi bagi Magelang dalam mewujudkan Kampung Organik yang dicanangkan Walikota Magelang.

Selain itu, kegiatan yang dilakukan telah merubah mindset masyarakat untuk melakukan kegiatan produksi berwawasan lingkungan. Retno Rusdjijati yang menjadi anggota dalam kegiatan itu menambahkan bahwa kegiatan pengabdian itu juga melibatkan peran pemerintah kota Magelang dalam hal ini Diskoperindag dan Kementerian Lingkungan Hidup.

Suparni selaku review menyatakan bahwa meski sudah berakhir program tersebut harus tetap dilanjutkan dalam kegiatan pengabdian yang lain seperti Iptek bagi Masyarakat (IbM) dan Iptek bagi Inovasi dan Kreativitas Kampus (IbIKK). Usai melakukan monev, tim meninjau lokasi pengabdian di Tidar Campur Magelang.(YUDIA-HUMAS)

Leave us a Comment