MILAD, UM MAGELANG ADAKAN LKTI SMA SE-KEDU

IMG_6076

Dalam rangka Milad ke-54 UM Magelang mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat SMA/SMK/MA Se-Karesidenan Kedu. Kegiatan tersebut  diselenggarakan  oleh Fakultas Hukum  serta Fakultas Psikologi dan Humaniora UMMagelang.

Chrisna Bagus, panitia  kegiatan dari Fakultas Hukum mengatakan,  ada enam  KTI yang berasal dari  lima SMA berhasil lolos mengilkuti tahap review dari 42 KTI yang mendaftar. Pada hari Senin 20/8,  ke-enam SMA tersebut  mengikuti tahap presentasi di Gedung FH Kampus 2 UMMagelang. Lima  SMA tersebut yakni  SMA N 1 Purworejo, SMA N 3 Purworejo, SMA N 4 Kota Magelang, SMA N 1 Kota Mungkid, dan SMA N 1 Grabag.  Lebih lanjut Chrisna menjelaskan,  “Acara LKTI  bertema Pergaulan Remaja dalam Perspektif Islam  ini bertujuan untuk membangun budaya literasi  siswa serta menjaring siswa-siswa terbaik dari berbagai sekolah. Selain itu juga sebagai  ajang silaturahim UM Magelang dengan SMA yang ada di wilayah Kedu.”   Ia menambahkan ada tiga sistem penilaian  yakni segi subtansi artikel, presentase atau performa  serta penampilan secara keseluruhan.

Salah satu peserta dari SMA N 1 Purworejo mempresentasikan KTI   tentang Hubungan Penggunaan Aplikasi Tik-Tok dengan Syariat Islam. Dijelaskan bahwa 80% pengguna aplikasi Tik-Tok adalah perempuan yang berhijab. Hal itu dapat mempengaruhi hasrat untuk menaikkan popularitas, pemborosan serta hilangnya rasa malu yang bertolak belakang dengan ajaran agama islam.

“LKTI merupakan kegiatan yang baru diadakan pertama kali dalam rangkaian milad. Melalui LKTI ini diharapkan  dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat terutama untuk siswa, memberikan nuansa akademis karena adanya unsur budaya literasi dan menambah daya pikir yang kritis di kalangan  pelajar SMA,”  pungkas Chrisna.

Dalam lomba tersebut, SMAN 1 Mungkid  berhasil menjadi juara 1 dengan judul KTI Pengunaan Media Sosial dalam Pergaulan Remaja menurut Perspektif Islam. Juara 2 diraih oleh SMAN 1 Grabag dengan judul KTI Menyikapi Media Sosial di Jaman Now. Adapun Juara 3 diraih oleh SMAN 4 Magelang dengan judul KTI Jilbab, Identitas Diri atau Fenomena Sosial.  Selain itu Harapan 1 dari SMAN 1 Purworejo. Harapan 2 dan 3 keduanya dari SMAN 3 Purworejo. Masing-masing pemenang mendapatan uang pembinaan, piala, serta piagam yang diserahkan oleh panitia.

 

Leave us a Comment