MELALUI PKM, MOTIVASI PERUSAHAAN LAKUKAN CSR

Semakin berkembangnya perusahaan juga memunculkan kesadaran tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar dimana perusahaan itu beroperasi. Persaingan perusahaan yang semakin ketat menuntut setiap perusahaan untuk menjadi yang lebih unggul sehingga berlomba-lomba untuk bersaing agar mendapatkan penilaian terbaik dari masyarakat. Terdapat banyak hal yang dapat membentuk citra positif terhadap perusahaan salah satunya melalui Corporate Social Responbility (CSR).

Melihat betapa kuatnya pengaruh CSR untuk keberlangsungan suatu Perusahaan, Tim PKM  UM Magelang yang terdiri dari Yosa Vega, Bunga Pertiwi, Dian Safitri, Yosi Rizky Nabila dan Kristin Indah mengajukan proposal PKM Penelitian  berjudul Corporate Social Responsibility dan Citra Perusahaan yang dibimbing oleh Bayu Sindhu R, S.E, Ms.c. Kegiatan PKM ini mengusulkan anggaran sebesar 12 Juta dan  didanai Dirjen Dikti sejumlah 9 Juta.

Penelitian dilakukan di PT Pandatex karena perusahaan ini beroperasi ditengah-tengah pemukiman penduduk. “Tentunya banyak masyarakat yang merasakan dampak dari adanya perusahaan ini. Maka dari itu kami melakukan penelitian untuk mengetahui apakah PT Pandatex telah melakukan CSRnya dan bagaimana citra PT Pandatex dimata masyarakat dengan adanya CSR,” ujar Yosa ketua tim. Kegiatan penelitian ini, lanjut Yosa, dilakukan selama 5 bulan mulai Maret hingga Juli 2017 .

Penelitian melibatkan 100 warga sekitar Pandatex sebagai responden  melalui cara random. Penelitian CSR dilakukan menggunakan data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner. Penyebaran kuesioner diakukan secara door to door dan dibantu oleh Ketua RW 01 Tempurejo. Setelah mendapatkan hasil kuesioner, kegiatan selanjutnya yaitu melakukan olah data dan diuji. Hasil uji data dianalisis dimana akan memberikan jawaban mengenai pengaruh CSR terhadap citra perusahaan. Output penelitian ini berupa artikel ilmiah yang akan di publikasikan.

Tim PKM berharap kegiatan ini dapat membantu perusahaan dalam melaksanakan CSR guna membangun citra perusahaan, baik menurut masyarakat, konsumen, maupun karyawan. Selain itu diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan literatur akuntansi manajemen terutama pada masalah CSR.

Leave us a Comment