Nico Sunarko Putra, Mahasiswa UM Magelang berhasil menjadi Duta Generasi Berencana (Genre) dalam ajang pemilihan Duta Genre Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 pada kamis (24/8).

Grand final pemilihan Duta Genre yang berlangsung sejak Selasa (22/8) hingga Kamis (24/8) dilaksanakan di Hotel Horison Semarang. Pada acara tersebut, peserta diberi pertanyaan seputar pengetahuan reproduksi, keluarga berencana, serta kemampuan berkomunikasi. Setelah melalui seleksi ketat, perwakilan Magelang keluar sebagai juara pertama. Ia berhasil mengalahkan wakil dari 31 kota dan kabupaten di Jawa Tengah.

Niko yang merupakan putra dari Sunarko dan Hanik Anissati itu mengaku tidak menyangka akan mendapatkan juara pertama. “Saya tidak menyangka akan mendapatkan juara ini, karena dari awal yang terpenting bagi saya yaitu melakukan yang terbaik semampu saya,”ungkapnya. Menurutnya para peserta perwakilan dari masing-masing kabupaten memiliki bakat dan penampilan yang luar biasa. “Satu-satunya motivasi saya waktu itu hanya bagaimana saya bisa menampilkan yang terbaik,”Niko menambahkan.

Untuk komponen penilainnya dilihat dari keseluruhan pengetahuan tentang isu terkini, penampilan, sikap selama kompetisi dari bakat dan publik speaking.”Saya bersama pasangan saya, menampilkan puppet show dengan materi 8 fungsi keluarga dan yang saya tekankan adalah nilai cinta dalam keluarga,”jelas Niko saat di tanya bakat yang ia tampilkan dalam kompetisi.

Laki-laki kelahiran Magelang, 18 Februari tahun 1998 mengatakan bahwa kemenangannya tidak terlepas dari peran dan dukungan berbagai pihak. Salah satu dukungan yang berperan yaitu dukungan pihak kampus UM Magelang yag telang mendukung penuh dalam kompetisi. “Kampus sendiri sangat mendukung saya, terbukti dari dukungan materi sampai pendampingan pihak Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) yang begitu luar bisa,”kata Niko. Ia juga menambahkan bahwa selain pihak kampus, dukungan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kabupaten Magelang yang telang menjadi pembimbinnya dan teman-teman Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIKMA) yang turut mendampinginya selama kompetisi berlangsung.

Kemenangan ini saya persembahkan untuk Allah Swt, keluarga saya, PIKMA Surya Unima UM Magelang dan juga untuk kampus tercinta, UM Magelang,” ungkapnya yang juga mahasiswa fakultas Hukum.

Untuk menghadapi kompetisi Nasional nanti, Niko mengaku akan mempersiapkan materi dan segala keperluan kompetisi dari sekarang. “Yang pasti saya akan berusaha menampilkan yang terbaik untuk mewakili Jawa Tengah,”katanya.

Pemilihan Duta Genre 2017 tingkat Provinsi Jateng diikuti 48 orang orang yang terdiri atas dua jalur yakni jalur pendidikan dan jalur masyarakat dengan syarat usia 16-22 tahun (perwakilan dari masing-masing kabupaten dan kota se-Jateng dan pada tahun ini ada empat daerah yang tidak mengirimkan perwakilannya). Dalam pemilihan Duta Genre Tersebut kabupaten Magelang mengirim 4 wakilnya,yang semuanya merupakan mahasiswa UM Magelang. Mereka adalah Niko Sunarko dan Dinda Nirmala Dewi Wijayanto sebagai Duta Genre Pendidikan Magelang. Pasangan yang kedua yaitu Mukhammad Cahyo Yudhanto dan Retno Susanti yang merupakan Duta Genre Masyarakat Magelang. “Dan saya merupakan satu-satunya wakil kabupaten Magelang yang berhasil menjadi juara pertama Duta Genre Pendidikan,”pungkasnya ketika diwawancarai. (Humas)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!