MAHASISWA UM MAGELANG GELORAKAN SUMPAH PEMUDA

IMG_5439 2

Sejumlah Mahasiswa UM Magelang memberikan suara semangat Sumpah Pemuda pada Sabtu (28/10) di kampus 2 UM Magelang. Aksi ini dipelopori oleh BEM UM Magelang yang bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UM Magelang. Mereka terdiri dari pengurus BEM dan 10 UKM serta mahasiswa aktif UM Magelang.

Agung Widhiatmojo selaku Presiden Mahasiswa BEM UM Magelang menjelaskan, acara ini merupakan representasi Sumpah Pemuda. Aksi ini bertujuan untuk membangkitkan lagi semangat pemuda di zaman modern ini. “Selain memperingati hari Sumpah Pemuda kegiatan ini juga sebagai momentum bagi mahasiswa sebagai ujung tombak kemajuan bangsa serta untuk mengingat kembali segala bentuk perjuangan pemuda bagi bangsa Indonesia,” jelasnya.

 Agung mengatakan aksi tersebut dimulai dengan pengumpulan massa di lapangan basket kemudian dilanjutkan dengan berjalan mengelilingi kampus. Aksi berakhir di halaman belakang gedung rektorat UM Magelang. Selain, melakukan orasi, para mahasiswa juga menampilkan treatrikal, musikalisasi puisi dan ikrar mahasiswa.

Dalam orasi tersebut, para mahasiswa menyuarakan pendapat mengenai mulai lunturnya semangat pemuda dan kondisi bangsa Indonesia yang juga tak luput disuarakan. Aksi berjalan dengan lancar dan para mahasiswa kembali ke sekretariat BEM UM Magelang dengan kondusif.

 Drs. Mujahidun, M.Pd selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan yang ikut serta hadir dalam acara ini berharap agar mahasiswa  bisa lebih  mempersiapkan diri baik mental dan pengetahuan untuk lebih semangat memperjuangkan bangsa.

Saat diminta pendapat tentang acara tersebut, Mujahidun mengatakan “Sebaiknya mahasiswa bisa menggandeng lebih banyak komponen dan disampaikan di depan anggota dewan, sehingga lebih bermakna. Selain itu perlu adanya koordinasi dari Perguruan Tinggi yang ada di Magelang agar tujuannya lebih mengena dan bermakna,” tambahnya. Namun demikian, ia  mengapresiasi upaya mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya sebagai bentuk kepedulian dan berharap agar di tahun mendatang bisa lebih baik lagi.

HUMAS

Leave us a Comment