LPMA UM MAGELANG SIAPKAN CALON WISUDAWAN HADAPI DUNIA KERJA

IMG_3289

Persaingan dunia kerja di era globalisasi kini semakin ketat. Persaingan tidak hanya dengan sumber daya manusia setempat, namun juga bersaing dengan sumber daya manusia dari luar negeri. Untuk memberikan bekal calon wisudawan dalam menghadapi dunia keja serta membentuk lulusan yang berkepribadian unggul dan islami, Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) UM Magelang mengadakan  pembekalan untuk calon wisudawan dengan  tema “Menjadi Pribadi Unggul dan Islami” pada Kamis (05/04).

Kepala Divisi Pemberdayaan Alumni (DPA) UM Magelang, Irham Nugroho,M.Pd.I mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan  di Aula Fakultas Kesehatan (Fikes) Kampus 2 UM Magelang itu ditujukan untuk 280 calon wisudawan, agar mereka memiliki karakter sesuai dengan visi-misi UM Magelang. “Kami mengusung tema ini agar para calon wisudawan siap menghadapi dunia kerja, memiliki pribadi yang positif serta membentuk karakter mahasiswa UM Magelang yang unggul dalam ilmu, islami dalam perilaku sesuai visi misi UM Magelang.” kata Irham.

Acara pembekalan calon wisuda angkatan ke-68 dibuka oleh Wakil Rektor 3 Drs. Mujahidun, M.Pd. dalam sambutannya Mujahidun mengatakan bahwa ada dua  hal yang harus dimiliki sebelum memasuki dunia kerja, yaitu memantapkan skill, dan mengidentifikasi karakter. “Lulusan yang paling baik yaitu mereka yang mendapatkan pekerjaan dalam kurun waktu kurang dari tiga  bulan setelah kelulusan. Lulusan yang baik yaitu mendapat pekerjaan dalam waktu 6 bulan – 1 tahun. Semoga lulusan UM Magelang tidak ada yang memperoleh pekerjaannya lebih dari 1 tahun,”  harap Mujahidun.

Sesi pertama materi disampaikan oleh Nita Budi Astuti dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Magelang yang  membahas   tentang cara mengenal dan strategi masuk ke dunia kerja. Nita mengatakan bahwa dunia kerja membutuhkan pekerja yang kompeten. “Untuk menjadi seorang yang kompeten anda harus memiliki tiga  hal, yakni attitude, knowledge dan skill yang merupakan  pokok utama yang dibutuhkan di dunia kerja,” kata Nita. Ia juga menambahkan kiat-kiat untuk menghadapi dunia kerja. “Ada tiga  kiat untuk menghadapi tantangan yang akan muncul di dunia kerja, yaitu siapkan mental, mau belajar dan mau memulai dari bawah,” katanya

Sedangkan sesi yang kedua  dari ketua LPMA Nugroho Agung Prabowo, M.Kom. yang menyampaikan materi tentang cara membuat Curriculum Vitae (CV), surat lamaran pekerjaan serta memahami bagaimana proses wawancara dan psikotes dalam proses seleksi kerja. Ia juga mengingatkan kepada para calon wisudawan tentang pengertian bekerja. “Bekerja adalah proses mengubah uang dengan jalan yang halal, jadi  bekerja itu akan bernilai ibadah,” kata Agung.

Sesi ketiga diisi oleh Kepala DPA UM Magelang, Irham Nugroho,M.Pd.I, mengenai hak dan kewajiban alumni UM Magelang. Irham mengingatkan kepada para calon alumni di UM Magelang bahwa mereka masih memiliki kewajiban untuk mengisi tracer study setelah dua  tahun lulus. “Kepada para mahasiswa yang membutuhkan informasi lowongan pekerjaan, dapat mengakses cdc.ummgl.ac.id. “Career Development Center (CDC) tersebut merupakan bentuk bantuan dari kampus dalam mencari pekerjaan,” tutur Irham. Sesi terakhir diisi oleh alumni UM Magelang  yang berisi tentang cerita sukses.

 

HUMAS

Leave us a Comment