Untuk pengembangan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya), Lembaga Penelitian dan LP3M Universitas Muhammadiyah Magelang menyelenggarakan workshop “Pendataan dan Pemetaan Keluarga Posdaya” bagi pengurus Posdaya se-Kabupaten Magelang pada Senin 2 Maret 2015.

Aman selaku ketua panitia dan pemateri mengatakan, workshop yang diikuti oleh 11 Posdaya itu diadakan untuk untuk melatih para pengurus Posdaya dalam pendataan dan pemetaan anggota keluarga Posdaya sehingga dapat memberikan gambaran secara tepat dan menyeluruh keadaan suatu Posdaya. “Setiap Posdaya mengirim dua orang perwakilannya dan diharapkan mereka mampu mendata dan memetakan kelompok Posdaya-nya masing-masing,” imbuh Aman.

Posdaya yang diundang mengikuti kegiatan tersebut adalah Posdaya Bumi Merapi Kecamatan Dukun, Posdaya Pangudi Luhur Kecamatan Windusari, Posdaya Gamik Tama Kecamatan Bandongan, Posdaya Sumber Lestari Kecamatan Bandongan, Posdaya Panca Dharma Kecamatan Mungkid, Posdaya Tunas Mandiri Kecamatan Sawangan, Posdaya Pandansari Kecamatan Windusari, Posdaya Setya Manunggal Kecamatan Dukun, Posdaya Beras Putih Kecamatan Sawangan, Posdaya Merapi Mulya Kecamatan Dukun, dan Posdaya Budi Rahayu Kecamatan Sawangan.

Manfaat pendataan dan pemetaan anggota Posdaya, lanjut Aman, dapat digunakan untuk kepentingan perencanaan, pengendalian operasional dan penilaian oleh para pengurus, pendamping posdaya, kelompok kegiatan yang ada dalam lingkup koordinasi Posdaya, serta pihak-pihak yang membutuhkan data mikro di tingkat akar rumput, terutama dalam rangka pemberdayaan keluarga dan atau pengentasan kemiskinan.

“Para peserta dilatih secara langsung tata cara pendataan dan pemetaan dengan instrumen-instrumen yang telah dirancang oleh panitia sehingga para peserta dapat mengaplikasikannya pada lingkungan Posdaya masing-masing” pungkasnya. (RIFA’I-HUMAS)

Tags : KKN, Posdaya, Pendataan dan Pemetaan, UMMGL, Universitas Muhammadiyah Magelang, UMMagelang, LP3M.