Setelah mengikuti seleksi ketat, akhirnya lima mahasiswa UM Magelang dinyatakan lolos mengikuti Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Untuk Negeri (KKNMU) Periode IV Tahun 2017. Kelima mahasiswa tersebut yakni M. Wahid Ibrahim (Prodi Manajemen), Novi Ariyani (Prodi Ilmu Keperawatan), Suparti (Prodi Ilmu Keperawatan), Elmi Miftakhul Janah (Prodi Akuntansi), serta Wahyu Aisyatul (Prodi Manajemen).

Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UM Magelang Dra. Retno Rusdijati M.Kes menuturkan, seleksi kepesertaan KKNMU di UM Magelang telah dilakukan pada bulan April lalu dengan diikuti 19 peserta. Setelah dinyatakan lolos, kelima mahasiswa tersebut kemudian dibekali dengan pelatihan dan ketrampilan, antara lain pembuatan gula semut yang dilakukan di Candimulyo Kabupaten Magelang. “Selain itu mereka juga dibekali dengan pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk dapat diaplikasikan saat pelaksanaan KKN,” ujar Retno.

Retno menambahkan, UM Magelang merupakan satu dari 29 PTM dan PTA se-Indonesia yang mengikuti kegiatan KKNMU Periode IV yang dipusatkan di Kabupaten Ogan Ilir Palembang Sumatera Selatan. Selain Retno, Rektor UM Magelang Ir Eko Muh Widodo MT beserta Ketua LP3M UM Magelang Dr. Heni Setyowati ER, S.Kp,M.Kep juga turut mengantar kelima mahasiswa UM Magelang ke lokasi KKNMU.

Selama satu bulan mulai tanggal 1 hingga 30 Agustus 2017 para peserta berada di lokasi KKN. Di sana, kelima mahasiswa UM Mgelang berbaur dengan peserta KKN dari PT lainnya. Sebelum diterjunkan ke lokasi KKN, pada tanggal 31 Juli mereka mendapatkan pembekalan serta pembentukan kelompok serta pembuatan rencana program kerja. Dengan menggunakan jas almamater masing-masing PT, ke-433 peserta KKNMU tersebut menuju lokasi KKN yang tersebar di 45 desa dalam empat kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir.

Retno berharap para peserta KKNMU dapat memberikan kontribusi positif bagi kegiatan pengabdian di UM Magelang serta mempunyai nilai plus bagi mahasiswa yang bersangkutan dalam hal wawasan dan kepribadian. (Humas)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!