Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMagelang) berhasil menambah satu lagi dosen dengan gelar Doktor. Lilik Andriyani mendapatkan gelar Doktor Ilmu Akuntansi dari Program Doktor Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta setelah melewati ujian terbuka disertasinya pada Senin (18/11) di Ruang Auditorium BRI Lt.3 Program Magister Sains dan Doktor FEB UGM.

Ujian terbuka promosi doktor dipimpin oleh ketua sidang Prof. Mahfud sholihin, M.Acc., Ph.D. dan tim promotor Hardo Basuki, M.Soc.Sc., Ph.D., Fuad Rakhman, M.Sc., Ph.D., dan Zuni Barokah, M.Com., Ph.D. Disertasi yang disusun berjudul “Perusahaan Keluarga, Manajemen Laba, dan Kinerja Masa Depan: Sudut Pandang Socioemotional Wealth” dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

Dalam disertasinya, Lilik meneliti mengenai perusahaan keluarga dalam melakukan strategi managemnen laba dan dampaknya pada kinerja masa depan perusahaan dengan menggunakan sudut pandang Socioemotional Wealth. Temuan penelitian ini mampu membuktikan pertama, bahwa perusahaan keluarga menggunakan praktik RAM dan mengelola akkrual diskresioner konservatif dibandingkan perusahaan non-keluarga. Kedua, perusahaan keluarga melakukan kedua jenis managemen laba secara strategis dengan cara trade-off substitusi. Ketiga, faktor kontekstual seperti keterlibatan wanita, umur perusahaan, dan CEO entrenchment berperan dalam mengendalikan perusahaan keluarga dalam melakukan managemen laba, sehingga perusahaan lebih hati-hati dalam melakukan managemen laba.

Dosen Akuntansi ini tercatat sebagai doktor yang ke ke-4690 di Universitas Gadjah Mada, dan yang ke-279 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Dan di Universitas Muhammadiyah Magelang, Lilik merupakan Doktor ke-17.

Rektor UMMagelang yang turut hadir dalam ujian terbuka disertasi, mengucapkan selamat atas prestasi yang dicapai Lilik. “Selamat atas pencapaiannya, semoga ilmunya dapat berguna bagi lingkungan sekitar khususnya bagi UMMagelang. Doktor Lilik Andriyani ini merupakan doktor ke-17 di UMMagelang. Semoga dengan bertambahnya doktor di UMMagelang ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan pembelajaran di UMMagelang,”kata Eko.

HUMAS

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!