The Importance of Information Technology in Australian Agriculture”, merupakan topik yang diangkat pada kuliah umum yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik UM Magelang, dengan pembicara Liam Ryan dari Department of Agriculture and Food, Western Australia.Kegiatan yang berlangsung beberapa hari lalu di Aula Gedung Fikes itu diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Teknik Program Studi  Teknik Industri S1, Teknik Informatika S1 dan Teknik Informatika D3 dan Teknik Mesin Otomotif D3.

Ryan dalam kuliahnya menyatakan pemanfaatan teknologi informasi terutama jejaring sosial sangat penting dalam bidang pertanian. Pesan dari jejaring sosial ini dimanfaatkan untuk monitoring dan evaluasi struktur tanah pertanian dan hasil panennya. Ryan menambahkan bahwa informasi yang dihasilkan akan disimpan dalam database yang kemudian dianalisis untuk pengembangan berikutnya. Hal tersebut juga memungkinkan untuk dikembangkan di Indonesia karena lahan pertanian di Indonesia sangat beragam, sehingga bisa ditentukan komoditas yang cocok. Selain itu sudah seharusnya pemanfaatan Teknologi Informasi bisa diterapkan dalam berbagai bidang, terutama bidang pertanian karena Indonesia merupakan negara agraris.

            Acara yang berlangsung selama tiga jam itu dipandu oleh Emilya Ully  Artha, M. Kom dengan diakhiri sesi tanya jawab dari audiens. Yun Arifatul Fatimah, Ph.D, Dekan FT UM Magelang mengatakan, kuliah umum menjadi aktifitas yang sangat penting karena akan menambah wawasan bagi mahasiswa teknik, terutama teknik informatika.”Kuliah umum dengan mendatangkan pembicara yang berkompeten akan menjadiagenda rutin tahunan fakulast teknik UM Magelang,” pungkasnya.(YUDIA-HUMAS)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!