KSU “CERAH” UM MAGELANG ADAKAN R.A.T.

Sebagai pertanggungjawaban terhadap anggotanya, Koperasi Serba Usaha (KSU) “Cerah” Universitas Muhammadiyah Magelang mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2014 hari Sabtu, 28 Februari di Aula Gedung Rektorat. Acara tersebut dibuka oleh Rektor UMMagelang, Ir. Eko Muh Wiododo MT yang mengapresiasi dan merespon positif RAT tersebut. Panitia RAT juga mengundang perwakilan dari Diskoperindag Kota Magelang yang sekaligus menyampaikan sambutan tertulis dari Kepala Diskoperindag Kota Magelang.

Nuryanto, ST, M.Kom, ketua KSU “Cerah” UMMagelang periode 2011 – 2015 dalam laporannya menyampaikan, KSU “Cerah” saat ini beranggotakan 222 orang anggota dengan jumlah kekayaan Rp. 2.198.456.491 (duamilyarseratus sembilan puluh delapan ribu empat ratus sembilan puluh satu rupiah). “Sangat meningkat dibandingkan dari seja kawal periode jabatan tahun 2011 dengan aset sebesar Rp. 751.475.226 dan anggota 191 orang,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Nuryanto yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Rektor II UMMagelang menambahkan, KSU “Cerah” dengan badan hukum nomor 188.4/62/480/XII/2004 telah mempunyai usaha di bidang penjualan (retail), pembiayaan (finance), cleaning service dan simpan pinjam. Nuryanto menegaskanbahwa KSU “Cerah” akan mengoptimalkan program yang berjalan dalam rangka lebih meningkatkan pelayanan kepada mitra dan anggotanya. “Beberapa program berjalan antara lain, simpanan sukarela, pinjaman regular, pinjaman kerja sama dengan plafon sampai dengan Rp. 50 juta, pembiayaan, cleaning service, toko kelontong dan ATK. Selain itu kami juga telah merencanakan tabungan pensiun bagi anggota KSU “Cerah ,” ungkap dosen Fakultas Teknik ini.

Ia menambahkan, melihat perkembangan bisnis yang ada sangat dimungkinkan KSU “Cerah” akan mengembangkan sayapnya sebagai wujud kesiapan menyongsong perkembangan perekonomian dimasa mendatang. Kesiapan tersebut ditandai dengan telah lengkapny alegalitasKoperasi yang akan sangat dimungkinkan dapat bermitra dengan siapapun. Kelengkapan legalitas ini antara lain, telah diperolehnya surat ijin operasional, HO, TDP, SIUP dan Surat Sehat dari Deperindagkop pada tahun 2012, sehingga keberlangsungan dan pengembangan KSU “Cerah” diharapkan dapat terus berjalan.

Tahun ini KSU “Cerah” membukukan total laba sebesar Rp. 217.005.473. Jumlah tersebut berasal dari laba simpan pinjam, laba bagian toko, laba penjualan ATK Kampus 2, serta laba bagian jasa outsourcing. Adapun Perhitungan Hasil Usaha (PHU) yang dibagikan lebih dari 171 juta untuk 222 anggota aktif atau meningkat senilai 50 juta dari tahun sebelumnya. Dalam RAT kali ini juga diadakan pemilihan lima calon pengurus KSU “Cerah” periode 2015-2019 dari 15 nama yang diusulkan.

Selain mendapatkan uang transport, anggota yang hadir juga mendapatkan suvenir serta ratusan doorprize. Disamping itu, pengurus juga memberikan reward bagi anggota yang memiliki tabungan terbanyak (7 orang), belanja di toko koperasi terbanyak (4 orang), serta peminjam terbanyak (7 orang). Tak lupa dalam kesempatan itu, Nuryanto selaku ketua periode 2011 – 2015 memberikan lima voucher belanja di toko koperasi “Cerah” senilai 1 juta untuk lima orang anggota yang hadir. Acara yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 11.30 tersebut berlangsung meriah. (YUDIA-HUMAS)

Tags : UMMGL, Universitas Muhammadiyah Magelang, UMMagelang, Koperasi, Cerah

Leave us a Comment