Bertema “Meneguhkan Militansi Kader untuk Dakwah Pencerahan” sebanyak 38 mahasiswa UM Magelang mengikuti Baitul Arqam (BA) selama dua hari (Sabtu-Ahad, 23-24/1). “Kegiatan tersebut diikuti oleh pengurus baru Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat di lingkungan UM Magelang yang diadakan oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Studi Islam (P3SI) UM Magelang ,” kata ketua panitia, Dede Asikin Noor, S. Ag.

Dede menambahkan, acara yang diadakan di Gedung Balai Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Magelang itu diikuti 17 peserta putra dan 21 peserta putri. “Kegiatan BA mahasiswa merupakan wahana untuk memupuk para peserta agar memiliki pemahaman yang benar terhadap ideologi dan gerakan Muhammadiyah serta mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Dede. Selain itu mereka juga diharapkan dapat memahami hakekat dakwah dan menggerakkan dakwah berbasis komunitas.

Selama dua hari mereka mendapatkan materi tentang paham agama menurut Muhammadiyah, profil kader dan pewarisan nilai-nilai perjuangan, ibadah menurut manhaj tarjih Muhammadiyah, manajemen dan strategi dakwah kampus, serta outbond. Adapun bentuk kegiatan berupa ceramah, pembelajaran partisipatoris, focus group discussion, games, serta paraktek ibadah.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Drs. Mujahiddun M.Pd yang membuka acara tersebut juga sekaligus memberikan materi tentang Profil Kader Muhammadiyah. Menurutnya, kader Muhammadiyah haruslah militan untuk menegakkan dakwah Muhammadiyah yang berpegang teguh pada Al Qur’an dan Sunah. Selain itu ia juga menyampaikan agar para kader Muhammadiyah konsisten dan tidak tergoda dengan banyaknya paham atau aliran keagamaan yang tidak jelas saat ini. “Kader IMM harus menjadi garda terdepan dalam pertahananan akidah dan moral serta dapat menjadi panutan bagi mahasiswa lain di lingkungan kampus UM Magelang,”pesannya.

Selain Mujahidun, beberapa nara sumber juga menjadi pemateri pada kegiatan tersebut, antara lain Agus Miswanto MA (ketua P3S1) yang menyampaikan materi tentang Strategi dan Manajemen Dakwah serta Nasyitotul Jannah M.HI (dosen FAI UM Magelang) menyampaikan materi tentang Paham Agama menurut Muhammadiyah.(YUDAI-HUMAS)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!