Setelah melewati proses pengerjaan selama satu setengah tahun, masjid kampus Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMagelang) akhirnya diresmikan. Masjid yang diberi nama  Manaarul ‘Ilmi tersebut diresmikan dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr. Haedar Nashir M. Si yang didampingi oleh Rektor UMMagelang, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah serta beberapa pejabat pemerintahan di Kabupaten Magelang pada Sabtu (05/05/19) di Kampus 2 UMMagelang.

Bupati Kabupaten Magelang, yang diwakili oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang, Drs. Adi Waryanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh keluarga besar UMMagelang atas diresmikannya masjid tersebut. “Teriring doa dan harapan semoga masjid ini mampu menjadi pemacu dan pemicu semangat Keluarga Besar UMMagelang dalam kegiatan peribadahan dan bisa menjadi fasilitas kampus yang pada gilirannya dapat menjadi kampus yang mampu mencetak lulusan-lulusan yang unggul dan islami,” ujarnya.

Sementara itu, Ir. Eko Muh Widodo, MT, Rektor UMMagelang dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pihak, donatur serta mitra kerja yang telah mensukseskan berdirinya masjid kampus UMMagelang. “Acara ini sangat membahagiakan karena pada akhirnya UMMagelang berhasil memiliki masjid tiga lantai setelah proses pengerjaan yang ditargetkan 2 tahun justru dapat selesai dalam waktu 1,5 tahun. Sehingga pada Bulan Suci Ramadhan nanti, masjid ini sudah dapat digunakan sebagai pusat kegiatan pembinaan keagamaan dan pencerahan,” ujar Eko.

Lebih lanjut Eko menjelaskan bahwa acara peresmian masjid tersebut juga sekaligus menandai dibukanya rangkaian kegiatan Ramadhan di Kampus (RDK) yang diselenggarakan oleh UMMagelang sebulan penuh. “Selain meresmikan masjid, acara pagi hari ini juga merupakan tanda dibukanya seluruh rangkaian kegiatan ramadhan di kampus yang akan dijalankan selama satu bulan penuh nantinya,” tambah Eko.

Pada kesempatan tersebut, Haedar Nashir menyampaikan pentingnya membangun karakter dari kampus dan masjid di tengah kehidupan bermedia sosial. “Dalam tradisi Islam, Masjid mempunyai fungsi yang fundamental. Dengan lokasi yang strategis dan masjid yang indah ini, insya Allah, UMMagelang bisa menjadi uswatun hasanah, menjadi central of excellent sekaligus juga membangun generasi ulil albab bagi masa depan umat dan bangsa, di tengah budaya baru yaitu budaya media sosial dimana semuanya serba mudah dan instan yang dalam tempo sepersekian detik informasi langsung dapat menyebar,” jelasnya.

Acara diakhiri dengan pemotongan pita oleh oleh Haedar Nashir dan disaksikan oleh 300 tamu undangan.

 

HUMAS

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!