GURU PAI SMP SE-KEDU IKUTI PELATIHAN PKG

Setelah mengadakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru (PKG)  SMA/SMK Se-Kedu yang diikuti oleh 55 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kedu beberapa waktu lalu, Fakultas Agama Islam UM Magelang kembali mengadakan pelatihan serupa. Namun kali ini diikuti oleh guru PAI SMP se-Kedu yang diadakan tiga  hari mulai Rabu hingga Jum’at (16-18/12).
Dr. Nurodin Usman Lc, Dekan FAI UM Magelang  mengatakan, tahun ini FAI UM Magelang bekerjasama dengan Direktorat PAIS Kemenag RI melaksanakan dua pelatihan. Keduanya yakni Pelatihan PKG PAI SMA/SMK dan Pelatihan PKG PAI SMP yang dilaksanakan pada 16-18/12.
Nurodin menambahkan, Pelatihan PKG PAI SMP kali ini  diikuti  60 guru PAI dari wilayah Kota dan Kabupaten Magelang, Temanggung, Wonosobo, dan Purworejo. Dalam pelatihan tersebut, terdapat lima Instruktur Nasional (IN) yang akan menyampaikan materi. Mereka  adalah Rohmat Chozin, M.Ag, Denik Isrowati M.Si, Drs. Hanifudin M.Pd.I, Dr. Imam Mawardi M. Ag dan Imron M, Ag.
Selama tiga hari, para peserta mendapatkan materi berupa dinamika kelompok, refleksi, dan tindak lanjut. Adapun materi yang diberikan antara lain tentang Pengembangan Metodologi Active Learning dalam Proses Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti serta Praktek Model Rancangan Pembelajaran. Selain itu Direktur Pendidikan Agama Islam (PAIS)  RI, Dr. Amin Haedari M.Pd juga menyampaikan materi tentang Kebijakan Ditjen Pendis  dalam Peningkatan Kompetensi Guru PAI.
Pelatihan yang dibuka oleh Rektor UM Magelang itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam pemahaman konsep kurikulum 2013 serta meningkatkan ketrampilan dalam penyusunan Rencana Program Pembelajaran (RPP). Usai mengikuti pelatihan diharapkan para peserta dapat memahami kompetensi yang harus dimiliki serta dapat menguasai model pembelajaran. Selain itu peserta diharapkan mampu melaksanakan penilaian otentik dan terampil melaksanakan pembelajaran.
 
HUMAS
PELATIHAN PKG1

Leave us a Comment